Ayo Berwisata ke SumSel

Posted: April 28, 2012 in Articles
Tags:

Joining : A blog competition “Kompetisi Blog Pesona Sumatera Selatan
Held by : Wongkito
Status : Didn’t win

[DISCLAIMER!]

Sudah waktunya liburan panjang, tetapi masih bingung mau liburan kemana? Bagaimana kalau mengunjungi salah satu provinsi di Indonesia yang sangat indah dan menawan, yaitu Sumatra Selatan?

Gambar dari sini: http://asiamaya.com/peta/sumatera.htm (edited by me)

Mengapa Sumatra Selatan? Sumatra Selatan penuh dengan berbagai macam objek wisata yang memesona dan indah dipandang mata. Dengan berjalan-jalan mengitari objek wisata di Sumatra Selatan yang asri, stress dan segala tekanan yang Anda alami akan sirna.

Ada banyak tempat wisata yang sangat menakjubkan untuk dikunjungi. Berikut daftar tempat wisata indah yang dapat Anda kunjungi ketika berlibur ke Sumatera Selatan:

1. Danau Ranau

Danau Ranau

Gambar dari sini: http://tahannigan.blogspot.com.au/2012/10/sumatras-forgotten-lake.html

Danau terbesar kedua di Pulau Sumatra ini terletak di perbatasan Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Provinsi Sumatra Selatan. Danau ini terbentuk dari gempa besar dan letusan vulkanik dari gunung berapi yang membuat cekungan besar. Secara geografis, topografi Danau Ranau adalah perbukitan yang berlembah, sehingga cuaca di sekitar danau tersebut sangat sejuk. Cuaca yang sejuk jelas dapat merilekskan pikiran kita. Belum lagi, pemandangannya yang sangat indah dengan Gunung Seminung sebagai backgroundnya dan bukit dan lembah yang indah di sekelilingnya.

Air danau ini sangatlah jernih. Danau ini terkenal dengan beragam ikan seperti ikan mujair, kepor, kepiat, dan harongan. Tepat di tengah danau tersebut, terdapat sebuah pulau nan indah, bernama Pulau Marisa. Disana terdapat sumber air panas dan juga Air Terjun Subik yang sangat indah. Bagi Anda yang menyukai buah durian, pada saat musimnya, buah durian dijual sangat murah oleh warga sekitar. Disana juga tersedia berbagai tempat penginapan bagi Anda yang ingin bermalam di sekitar lokasi.

Gambar dari sini: http://www.griyawisata.com/artikel.php?sec=6&cat=46&postid=28416

Wah, seperti paket 4 in 1, berlibur ke Danau Ranau, sekalian berkunjung ke Pulau Marisa dan sumber air panas serta air terjunnya. Mantap! Selain itu, danau ini letaknya tidak jauh dari berbagai kota di Sumatra Selatan. Danau Ranau berjarak sekitar 342 kilometer dari Kota Palembang, 130 kilometer dari Kota Baturaja, dan 50 kilometer dari Muara Dua, Ibukota Oku Selatan. Perjalanan ini bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi. Jalan antar lokasi telah dilapisi aspal, sehingga perjalanan pun akan terasa lebih nyaman.

Danau ini menjadi objek wisata andalan dari Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, terutama pada musim liburan tiba dan Hari Raya Idul Fitri. Pada tahun 2007 yang lalu, danau ini telah diresmikan oleh Bupati Lampung Barat sebagai pusat wisata baru di wilayah Lombok, Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat. Danau Ranau memiliki daya tarik ekowisata untuk memajukan industri pariwisata Indonesia dalam konsep ekologi, ekonomi, sosial dan juga budaya.

2. Sungai Musi

Sungai terpanjang di Pulau Sumatra ini membelah Kota Palembang menjadi dua bagian kawasan, yaitu Seberang Ilir di bagian utara dan Seberang Ulu di bagian selatan. Sungai Musi, bersama dengan sungai lainnya, membentuk sebuah delta di dekat Kota Sungsang. Mata airnya bersumber di daerah Kepahiang, Bengkulu. Sungai Musi disebut juga “Batanghari Sembilan”, yang berarti “sembilan sungai besar”. Yang dimaksud dari “sembilan sungai besar” tersebut adalah Sungai Musi beserta delapan sungai besar lainnya yang bermuara di Sungai Musi. Adapun delapan sungai tersebut adalah:

  1. Sungai Komering
  2. Sungai Rawas
  3. Sungai Leko
  4. Sungai Lakitan
  5. Sungai Kelingi
  6. Sungai Lematang
  7. Sungai Semangus
  8. Sungai Ogan

Sejak zaman Kerajaan Sriwijaya hingga sekarang, sungai ini terkenal sebagai sarana transportasi utama bagi masyarakat sekitar.

Gambar dari sini: http://tripholiday.net/musi-river.html

3. Jembatan Ampera

Jembatan yang merupakan ikon Kota Palembang ini menghubungkan Seberang Ilir dan Seberang Ulu yang dipisahkan oleh Sungai Musi. Jembatan ini terletak di tengah-tengah Kota Palembang. Bagian tengah badan jembatan ini bisa diangkat ke atas agar tiang kapal yang lewat dibawahnya tidak tersangkut pada badan jembatan. Tetapi sejak tahun 1970, aktivitas menurunkan dan menaikkan bagian tengah jembatan ini sudah tidak dilakukan lagi karena dianggap mengganggu arus lalu lintas yang melalui jembatan tersebut. Jembatan ini dihiasi lampu-lampu yang akan menyala ketika malam hari, sehingga jembatan ini terlihat indah.

4. Gunung Dempo

Gambar dari sini: http://www.belantaraindonesia.org/2013/05/10-tips-mendaki-gunung-dempo.html

Gunung ini adalah gunung tertinggi pada Pegunungan Bukit Barisan. Gunung menjulang tegak menggapai langit nan biru apabila dilihat pada pagi hari. Sangatlah indah. Sebuah sungai kecil yang jernih mengalir di perbatasan hutan, menuntun Anda menuju hutan montana. Gunung Dempo memiliki dua puncak, salah satunya bernama Puncak Api. Menjelang puncak ini merupakan dataran masif yang ditumbuhi tanaman yang rendah mirip perdu. Terdapat lembah yang diapit oleh puncak pertama dan puncak utama. Di lembah ini terdapat sebuah sumber mata air mengalir di sini. Airnya jernih, tetapi rasanya sedikit kecut, mungkin karena pengaruh rembesan belerang. Puncak utama Gunung Dempo merupakan kawah gunung berapi yang masih bergejolak, membuat pemandangan dari puncak semakin menakjubkan. Selain kawah yang memberikan kesan khusus, tampak juga hamparan Provinsi Bengkulu, Lautan Hindia, dan hamparan lembah yang sunyi dan hening.

5. Danau Ulak Lia

Danau Ulak Lia

Gambar dari sini: http://travel.detik.com/read/2012/01/25/133700/1824501/1032/1/danau-ulak-lia

Kata “Ulak” berarti “pusaran air” dan “Lia” merupakan nama anak gadis yang meninggal di dalam pusaran danau dan tidak pernah ditemukan hingga sekarang. Konon akibat peristiwa ini, warga setempat memberikan nama danau ini Danau Ulak Lia. Keistimewaan danau ini  terdapat pada keunikan fisik perairan danau yang mempunyai bentuk menyerupai “tapal kuda”. Bentuk yang unik ini diperkirakan terjadi karena adanya proses sedimentasi dari aliran Sungai Musi pada masa lalu. Namun, keunikan bentuk perairan danau ini hanya dapat disaksikan pada waktu tertentu, tidak dapat disaksikan sepanjang tahun karena sangat tergantung dengan hidrologi di wilayah tersebut.  Beberapa pondok didirikan di sekitar danau, sehingga Anda dapat bersantai sambil menikmati pemandangan alam sekitar. Pada musim kemarau, danau ini masih bertahan dengan debit airnya yang jernih.

6. Bukit Serelo

Bukit Serelo

Gambar dari sini: http://www.way2east.com/destinations/Gunung-Patah

Bukit ini disebut juga Bukit Tunjuk, karena bentuk puncaknya yang mirip jari telunjuk yang mencuat ke langit. Di bawahnya terdapat sebuah kompleks untuk menjinakkan, melatih dan mendidik gajah. Anda dapat berfoto-foto dengan gajah-gajah tersebut. Di beberapa tempat di bawah bukit ini, terdapat beberapa tempat untuk berkemah atau berekreasi.Terdapat sebuah sungai kecil dengan air yang jernih dan belum tercemar disana. Ada beberapa sumber yang mengatakan bahwa di atas puncak anak Bukit Serelo, tepatnya di bagian timur, terdapat bebatuan yang membentuk lapaz Allah.

Lapaz Allah di Atas Bukit Serelo

7. Sungai Lematang

Sungai Lematang

Gambar dari sini: http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2012/12/23/sedikit-lebih-dekat-dengan-kabupaten-lahat-ii-518335.html

Sungai Lematang yang merupakan sungai terbesar di Kabupaten Lahat, merupakan objek wisata alami yang memantulkan keindahannya tersendiri. Sungai ini memiliki arus yang deras dengan batu-batu besar di berbagai tempat. Sungai ini, terutama di bagian hulu, setiap tahun menjadi ajang lomba rakit tradisional yang digelar setiap tanggal 7 Agustus. Anda dapat menyaksikan lomba ini tanpa dipungut biaya. Konon, dii sungai ini pernah ditemukan jenis perahu zaman dahulu yang disebut biduk.

8. Restoran Terapung Riverside

Restoran Terapung Riverside

Gambar dari sini: http://www.traveldudes.org/images/scenery-musi-river-banyuasin-indonesia/11812

Restoran ini WAJIB dikunjungi bila Anda berlibut ke Kota Palembang. Restoran ini terletak di tepi Sungai Musi. Restoran ini berupa kapal motor yang menjadi rumah makan prasmanan. Anda dapat meyatap makanan Anda sambil menikmati pemandangan di sekitarnya. Pemandangan terlihat lebih indah pada malam hari, ketika semua lampu di sekitar dinyalakan. Warna-warni dan kerlap-kerlip lampu menghiasi rumah makan tersebut. Sungguh indah. Restoran ini merupakan tempat kuliner khas Kota Palembang yang wajib dikunjungi. Terdapat sebuah dermaga kecil yang menyediakan fasilitas bagi para pengunjung untuk mengitari Sungai Musi. Menu khas dari restoran ini adalah Ekor Tenggiri Bakar. Rasanya sangat lezat. Ekor ikan tenggiri yang beratnya sekitar satu kilogram ini dihidangkan dengan bumbu khusus yang memukau.

9. Pulau Kemarau

Pulau Kemarau

Gambar dari sini: http://www.griyawisata.com/artikel.php?sec=6&cat=46&postid=26400

Dinamakan seperti itu karena pulau ini selalu kering, tidak pernah berair. Bahkan saat air pasang pun, pulau ini terlihat seperti pulau yang mengapung. Terdapat pagoda dan kuil-kuil yang menghiasi pulau ini. Pada saat perayaan Imlek, Anda dapat naik sampai lantai teratas pagoda itu dan menikmati pemandangan yang indah dari sana. Pagoda itu sering dijadikan tempat ibadah atau tempat acara lainnya.

10. Rumah Rakit

Rumah Rakit

Gambar dari sini: http://www.jalanjalanasik.com/news/128/nyobain-ayam-goreng-kfc-extra-crispy.html

Rumah ini merupakan rumah tradisional di Kota Palembang yang mengapung di air. Rumah ini terbuat dari bambu-bambu. Konon, rumah-rumah rakit ini dibangun di pinggir-pinggir Sungai Musi dan dihuni oleh warga keturunan Tionghoa. Jelas berbeda rasanya berada di rumah yang berfondasi di tanah dengan rumah yang berfondasi di air. Maka dari itu, Anda sangat direkomendasikan untuk berkunjung ke rumah rakit ini.

11. Arung Jeram Sungai Manna

Arung Jeram Sungai Manna

Gambar dari sini: http://jalan2.com/place_tags/pagar-alam/

Sungai yang terletak di sebelah tenggara Gunung Dempo ini sering menjadi sarana olahraga arung jeram. Keistimewaan bearung jeram di sungai ini adalah sungai ini memiliki tingkat kesulitan bervariasi. Awalnya keadaan sungai cukup lebar, lalu sepanjang 15 kilometer berikutnya jalur sungai menyempit dan arusnya semakin deras bergemuruh, sehingga cukup menantang bagi para penggemar olahraga arung jeram.

Jalur sungai berupa patahan dengan dinding batuan padas di pinggiran sungai, serta keadaan arus di ujungnya yang membentuk cekungan dan arus memutar, tonjolan batu membentuk aliran air, menimbulkan bunyi gemuruh, sangat menantang. Tetapi jangan khawatir, akan disediakan pemandu yang berpengalaman yang akan mendampingi Anda.

Keindahan alam berupa tebing-tebing di kiri dan kanan sungai menawarkan keindahan alam hutan hujan tropis yang sangat menawan. Tidak jauh dari tempat ini, ada bagian sungai yang membentuk pelataran sepanjang 50 meter dengan keadaan arus yang  tenang.

12. Tenun Songket

Kain Tenun Songket

Gambar dari sini: http://www.midesanews.com/berita-506-sejarah-kain-songket-dari-palembang.html

Kerajinan tradisional khas masyarakat Palembang ini telah terkenal di dalam maupun di luar negeri. Proses pembuatannya dilakukan dengan sangat cermat sehingga memakan waktu selam 3-6 bulan. Sangat menakjubkan. Belum lagi polanya yang berbeda-beda sesuai selera pengrajin. Tenun ini terbuat dari benang sutera, kombinasi benang emas yang ditenun dengan cita rasa seni yang tinggi, menghasilkan kain ataupun selendang yang mengagumkan. Pusat pengrajin Tenun Songket Palembang berada di Kawasan Industri Songket Kelurahan 30 – 32, Kecamatan Ilir Barat, Kota Palembang.

Proses Menenun Kain Tenun Songket

Gambar dari sini: http://www.exposure-magz.com/2010/09/22/entries-september-13-15/

Bagaimana? Menakjubkan, bukan? Masih ada banyak objek wisata lain yang menawan di Sumatera Selatan, tetapi saya hanya menyebutkan 12 objek wisata yang menarik dan unik di mata saya. Maka dari itu, ayo kita berlibur ke Sumatera Selatan. Dijamin, tidak akan menyesal. Visit South Sumatra 2012!😀

Gambar dari: http://www.hinampang.info/tag/southeast-asian-games/

http://lenterakehidupanmasyuq.blogspot.com.au/2012/04/pesona-sumatera-selatan.html

widget-kompetisi-blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s