Love United by Orizuka

Posted: March 12, 2013 in Book Reviews
Tags: , ,

[COPYRIGHTED!]

Judul Buku        : Love United: High School Paradise 2nd Half

Pengarang         : Orizuka

Penerbit            : Puspa Populer

Jumlah Halaman  : 190 halaman

Love United

(Semua gambar cover dan identitas buku dalam review-review novelku bersumber dari Goodreads)

Jatuh cinta? Semua orang pasti akan merasakannya. Tapi, bagaimana jika kita tahu kalau kita sedang jatuh cinta? Ada yang bilang, saat jatuh cinta, jantung kita akan berdetak tidak karuan, pipi kita memanas atau merona, nafas kita memburu, rasa bahagia yang meluap-luap, dan lain-lain. Tapi ada juga yang bilang kalau jatuh cinta itu sakit, mungkin kalau cinta kita bertepuk sebelah tangan. Ada banyak kisah cinta yang terjalin di dunia. Ada yang romantis, mengharu-biru, bahkan menggelitik saraf tawa. Cinta bisa kapan datang saja tanpa diundang.

Pada novel Orizuka yang berjudul Love United ini – sekuel dari High School Paradise, ada banyak kisah cinta yang terbentuk selama masa SMA. Ada yang kisah cinta yang kocak, menyayat hati, manis, semuanya bercampur aduk di novel ini, membuatnya menjadi satu paket lengkap. Setting yang digunakan adalah Jakarta, menyorot kehidupan para remaja yang bersekolah di sebuah SMA elite bernama Athens. Tokoh utamanya adalah empat cowok jenius sekaligus bengal yang sangat mencintai sepak bola, yaitu Rama, Cokie, Lando, dan Sid. Mereka berempat adalah cowok-cowok keren yang popular di sekolah.

Di novel ini, keempat cowok keren ini disambet virus cinta. Ada Rama, cowok yang baik luar-dalam dan dewasa, telah menjalin hubungan 4 tahun dengan cewek yang lebih tua 3 tahun darinya. Ada Cokie, cowok paling ganteng yang terkenal playboy, akhirnya tobat dan menemukan cewek sederhana yang sanggup membuat jantungnya tidak keruan. Ada Lando, cowok yang pendiam dan dingin, menemukan malaikat hidupnya. Dan yang terakhir ada Sid, cowok pirng yang imut tapi polos, yang menghadapi dilema dalam memilih cinta sejatinya – antara cinta pertamanya yang sudah 3 tahun dinantinya, atau cewek ceria yang selalu mengajaknya bertengkar, tetapi sangat cocok dengannya. Di akhir, masing-masing dari mereka menemukan cinta sejati mereka masing-masing.

Novel ini benar-benar top. Satu paket lengkap. Novel ini sanggup menumbuhkan bunga-bunga di hati pembaca, tetapi kemudian menyayat-nyayat hati pembaca, sekaligus menggelitiki saraf tawa pembaca. Tokoh-tokoh yang diperkenalkan ada sangat banyak, tapi penulis sanggup mendalaminya satu per satu. Setiap tokoh memiliki karakter dan latar belakang masing-masing, yang sangat unik dan nyata. Selain itu karakteristik mereka yang berbeda-beda dan menonjol membuat mereka tidak tertukar-tukar dan tidak sulit untuk menghafal mereka. Chemistry antar-tokoh juga dibangun dengan brilian, terlihat dari setiap dialognya. Itu semua membuat novel ini terasa hidup, membuat para pembaca mengenal akrab dengan para tokoh dan seakan memasuki alur ceritanya. Novel ini lebih fokus pada hubungan antar-tokoh, penokohan, dan alur, sehingga tidak begitu memperhatikan setting. Bisa dibilang, settingnya itu-itu aja, tapi secara ajaib, penulis sanggup membuat pembaca tidak merasa bosan, bahkan tidak sadar bahwa setting yang digunakan kadang berulang-ulang.

Bahasa yang digunakan sederhana tetapi komunikatif, sehingga mudah diserap dan terasa lebih akrab, serta sangat cocok dengan tokohnya yang masih remaja. Alurnya menarik, naik-turun, membuat para pembaca terhanyut dalam cerita, dan seakan sedang naik roller coaster yang seru. Karena ada banyak tokoh, kisah tiap tokohnya diselang-seling, diceritakan bergantian. Itulah yang membuat pembaca tidak merasa bosan, alurnya yang kompleks.

Novel ini sudah dicetak ulang untuk kedua kalinya, menandakan laris manisnya penjualan novel ini. Hal yang dapat dimaklumi karena teenlit model seperti ini bagaikan angin sejuk bagi para remaja, bahkan yang bukan remaja juga. Kebanyakan teenlit tidak memiliki alur cerita yang semenarik dan sekreatif ini. Walaupun ini adalah novel sekuel, tetapi tidak mengharuskan pembaca untuk membaca seri sebelumnya. Novel ini bisa berdiri sendiri, karena novel ini bukan kelanjutan dari seri sebelumnya, tetapi hanya berhubungan. Ada beberapa bagian yang dijelaskan ulang secara singkat oleh penulis, jadi pembaca yang belum membaca seri sebelumnya tidak akan kebingungan. Tapi tentu saja lebih seru jika Anda membaca seri yang sebelumnya terlebih dahulu, dan  setelah membaca yang ini, Anda melanjutkan ke seri selanjutnya yang berjudul Best Friends Forever.

Saya sangat merekomendasikan novel ini kepada semua orang, bukan hanya para remaja, karena novel ini bukan sembarang teenlit. Mutu ceritanya sangat tinggi, tidak kalah dengan novel bergenre lainnya. Novel ini sanggup menghilangkan jenuh dan mumet di kepala. Saya jamin tidak akan menyesal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s