Our Story by Orizuka

Posted: March 12, 2013 in Book Reviews
Tags: , , ,

[COPYRIGHTED!]

Judul Buku        : Our Story

Pengarang         : Orizuka

Penerbit            : Authorized Books

Jumlah Halaman  : 240 halaman

Our Story

(Semua gambar cover dan identitas buku dalam review-review novelku bersumber dari Goodreads)

Dewasa ini, sistem pendidikan di Indonesia semakin memprihatinkan. Banyak murid sekolah yang terjerat dalam pergaulan bebas dan teenagers deliquency. Peran sekolah semakin memudar dalam kehidupan siswa-siswi. Untuk menanggapi hal itu, Orizuka menulia novel yang berjudul Our Story ini. Ia mempersembahkan novel ini untuk semua remaja di seluruh Indonesia.

Novel ini mengisahkan tentang sebuah sekolah kecil  bernama SMA Budi Bangsa, yang menerima semua murid buangan dari sekolah lain. Murid-murid yang tidak dapat diterima di sekolah lain, ada yang karena berkelakuab buruk, nilai yang tidak memuaskan, dan lain lain. Yasmine, seorang gadis manis dari keluarga yang terbilang kaya, pindah dari Amerika dan kembali bersekolah di Jakarta demi menemani ibunya yang sedang sakit. Ayahnya yang sudah bercerai dari ibunya, memilih untuk tetap tinggal di Amerika, dan meminta tolong temannya untuk mengurus masalah sekolah Yasmine. Terjadi kesalahpahaman yang membuat Yasmine terdaftar di SMA Budi Bangsa.

Yasmine terpaksa menghabiskan sisa masa SMAnya di sekolah tak bermutu itu. Di sana, ia bertemu dengan siswa-siswi yang rusak, yang menjadi pelacur untuk bertahan hidup, yang ikutan geng-geng tak bermoral, dan yang tidak berniat belajar sama sekali. Guru-gurunya pun sama saja. Mereka sering bolos, tidur di jam pelajaran, bersantai-santai di ruang guru, dan lain lain. Hanya ada beberapa guru saja yang mengajar dengan baik, itu pun percuma saja, karena tidak ada murid yang memerhatikan mereka. Ada satu murid bernama Ferris, yang normal di mata Yasmine. Ia rajin belajar, dan tidak terjerat oleh hal-hal tidak baik seperti murid yang lain. Ia bersekolah di sana karna sebuah misi.

Lalu ada Nino, seorang pemuda tampan yang menjadi ketua dari geng di sekolahnya, murid populer yang disegani oleh semua orang karna keahliannya dalam berkelahi. Ia selalu membawa sebuah tongkat baseball kemana pun ia pergi. Ia bertindak semaunya, tidak memedulikan orang lain. Masa lalunya yang kelamlah yang bertanggung jawab atas sikap buruknya itu.

Sekolah itu benar-benar hancur, tidak ada satu orang pun yang sanggup memperbaikinya. Tetapi berkat kehadiran Ferris dan Yasmine, serta pengaruh dari Nino, sekolah yang ambruk itu pelan-pelan bangkit kembali. Di sekolah kecil itu, mereka membuat cerita mereka sendiri. Berbagai kenangan terbentuk, baik yang indah maupun buruk. Ada kisah cinta, persahabatan, kesetiakawanan, namun ada juga permusuhan, patah hati, kekecewaan. Namun mereka melaluinya bersama, baik suka maupun duka.

Benar-benar kisah yang menyentuh hati. Cerita yang sarat akan pesan moral, tetapi tidak melupakan sisi hiburannya. Kisah yang kompleks, padat dengan konflik-konflik yang menegangkan. Tetapi di sela-sela itu semua, diselipkan kisah romantis, humor, tragedi, action, semuanya lengkap, seperti satu paket. Tokoh-tokohnya sangat hidup, dengan kepribadian dan latar belakang masing-masing. Kehidupan mereka terasa begitu nyata, yang mungkin terinspirasi dari keadaan yang sebenarnya.

Walaupun kisahnya agak singkat, tetapi terasa padat dan memuaskan. Benar-benar memotivasi dan menginspirasi. Novel yang akan selalu mengingatkan kita akan masa-masa SMA yang indah.

Sampulnya yang menampilkan gambar perlengkapan murid SMA begitu menggambarkan isi buku. Para calon pembaca yang melihat tentu saja langsung tahu bahwa novel ini menceritakan kehidupan anak SMA. Warna sampulnya yang hitam memberi kesan elegan dan misterius, begitu menggugah hati.

Sayangnya, desain layout novel ini kurang menarik, dan spasinya agak mepet serta tulisannya kurang besar, menyebabkan rasa kurang nyaman dalam membaca. Tapi begitu pembaca sudah asyik membaca dan tenggelam dalam alur ceritanya, hal itu tidak lagi menjadi masalah.

Novel ini sangat direkomendasikan untuk para siswa SMA, karena novel ini memberikan pandangan baru mengenai arti pendidikan bagi kehidupan manusia. Kisah ini sanggup memotivasi para siswa untuk lebih semangat dalam belajar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s