Summer Breeze by Orizuka

Posted: March 12, 2013 in Book Reviews
Tags: , , ,

[COPYRIGHTED!]

Judul Buku        : Summer Breeze

Pengarang         : Orizuka

Penerbit            : Puspa Swara

Jumlah Halaman  : 216 halaman

Summer Breeze

(Semua gambar cover dan identitas buku dalam review-review novelku bersumber dari Goodreads)

Okke Rizka Septania, atau sering disebut Orizuka, adalah pengarang novel remaja yang telah melahirkan 18 karya. Orizuka lahir di Palembang, pada tanggal 14 Sepetember 1986.  Penulis ini sangat menggemari genre thriller dan juga mempelajari bahasa asing. Selain menulis, di waktu luang, ia gemar membaca, menonton, mendengarkan music, serta fangirling bersama para Kpoppers. (Sumber: http://orizuka.com/about/)

Karya keduanya yaitu Summer Breeze, mengisahkan tentang sepasang saudara kembar yang kepribadiannya bertolak belakang. Orion yang sangat unggul hampir di segala bidang dan berkepribadian baik, sedangkan Ares, preman kampus yang selalu tersisih dan hidup di bawah baying-bayang Orion. Hidup mereka diwarnai oleh kebencian terhadap satu sama lain, disertai persaingan di setiap aspek kehidupan mereka, termasuk cinta.

Kepribadian mereka memang berbeda seratus delapan puluh derajat, namun selera cinta mereka sama. Mereka sama-sama jatuh cinta pada sahabat masa kecil mereka, Reina. Reina menyayangi mereka berdua, tapi hanya satu yang ia pilih, dan ia sudah memutuskannya sejak awal. Tidak ada yang dapat mengubah keputusannya itu. Ada alasan di balik keputusan tersebut, seperti adanya alasan di balik kepribadian Ares yang keras.

Saudara tetaplah saudara. Kita tidak dapat membenci keluarga kita sendiri, apapun yang terjadi. Walaupun sudah dibangun tembok yang sangat tinggi di antara mereka berdua, tetapi untunglah Reina sanggup meruntuhkannya sebelum terlambat. Walaupun tidak berakhir manis, setidaknya tidak ada penyesalan yang mendalam.

Novel ini benar-benar menakjubkan. Bukan hanya kisah percintaan remaja yang biasa saja, tetapi juga membahas masalah keluarga dan persahabatan. Ada banyak moral lessons yang ingin disampaikan sang penulis melalui novel ini. Tentang arti cinta, persahabatan, dan juga keluarga. Penulis menyajikan konflik yang kompleks dan menarik, dengan penyelesaian yang tak terduga, membuat alurnya semakin menarik. Ada rahasia dibalik rahasia, yang akan terungkap satu per satu, membuat pembaca tidak sabar untuk membalik halaman berikutnya.

Setiap tokoh yang diciptakan memiliki kepribadian, ciri fisik, dan masa lalu masing-masing, membuat mereka begitu hidup dan nyata, serta menarik pembaca untuk mengenal mereka lebih dalam. Chemistry yang terbentuk di antara setiap tokoh juga kuat dan nyata. Hubungan kakak-adik, orangtua-anak, antar sahabat, hubungan dengan musuh, maupun hubungan sepasang kekasih.

Sampulnya yang ramai terlihat menarik, dengan gambar seorang gadis yang berdiri di tengah dua pemuda. Reina di tengah Ares dan Orion. Cinta segitiga. Namun, bukan hanya mengenai itu. Judulnya juga terdengar menarik, Summer Breeze. Menyimpan makna tersendiri, yang membuat pembaca bertanya-tanya tentang apa novel ini bercerita.

Selain itu, bahasa yang digunakan sangat sederhana dan komunikatif, sehingga para pembaca tidak akan kesulitan dalam menangkap maksud sang penulis. Novel ini tidak tebal, sehingga dapat diselesaikan dengan cepat untuk mengisi waktu luang.

Novel ini telah diangkat ke layar lebar pada tahun 2008. Plotnya yang menarik memang pantas untuk difilmkan. Saya sangat merekomendasikan novel ini kepada siapa saja, bukan hanya remaja, karena novel ini bukan teenlit biasa. Novel ini membahas permasalahan manusia yang umum, sehingga dapat dibaca oleh semua kalangan masyarakat.

Comments
  1. rana says:

    Boleh minjem novelnya nggak?u.u masa di toko buku udah gaada-_- /slap

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s