Alex’s Wish by Elcy Anastasia

Posted: April 3, 2013 in Book Reviews
Tags:

[COPYRIGHTED!]

Judul Buku        : Alex’s Wish

Pengarang         : Elcy Anastasia

Penerbit            : Gramedia Pustaka Utama

Jumlah Halaman  : 200 halaman

Alex's Wish

(Semua gambar cover dan identitas buku dalam review-review novelku bersumber dari Goodreads)

Hidup adalah hal terkompleks di dunia. Hidup memiliki banyak sisi. Hidup kadang terasa menyenangkan, tetapi bisa juga terasa menyedihkan. Bisa terasa memuakkan, tetapi ternyata sangat berharga. Apa sih arti hidup itu sebenarnya?

Salah satu novel yang berjudul Alex’s Wish ini mengungkapkan makna hidup yang sesungguhnya. Novel ini menceritakan tentang Federic Sawa yang merupakan pewaris takhta kerajaan setan, tetapi tertuduh melakukan perbuatan baik yang terlarang di kerajaannya. Ayahnya yang awalnya merupakan pewaris takhta menikah dengan seorang malaikat dan memilih tinggal di kerajaan malaikat. Karena itulah takhta kerajaan setan diwariskan ke anaknya, Eric. Karena memiliki darah malaikat di tubuhnya, ia diragukan sebagai penerus kerajaan setan.

Karena itu, Eric turun ke bumi untuk menjalankan ujian. Ia ditugaskan untuk mendapatkan nyawa seorang gadis bernama Alexandra Alfarez. Demi menyelesaikan tugasnya itu, Eric menawarkan tiga permintaan untuk Alex sebagai ganti nyawanya.

Alex, yang merasa hidupnya memuakkan, menerima tawaran itu. Mereka mengira semuanya akan berakhir dengan mulus. Namun, nyatanya, tidak berakhir sesuai rencana. Eric menemukan jati dirinya yang asli, dan Alex baru memahami arti hidup yang sebenarnya.

Novel ini menggunakan bahasa sehari-hari sehingga mudah diserap dan sesuai dengan sasarannya, yaitu para remaja. Novel ini menggabungkan dua dunia, yaitu dunia nyata/realita dan dunia maya/fantasi. Kedua dunia yang sangat berbeda itu dapat dikombinasi dengan baik oleh penulis.

Watak tokoh yang dipaparkan juga konsisten, dimana seorang setan haruslah menjunjung tinggi nilai-nilai yang buruk, lalu gadis popular di sekolah haruslah cantik, kaya, angkuh, dan suka berhura-hura. Watak-watak tersebut membuat tokoh-tokohnya hidup dan terasa nyata.

Novel ini juga sarat akan pesan moral, mengenai persahabatan, cinta, keluarga, dan nilai-nilai hidup lainnya. Kita harus menghargai hidup kita. Walaupun hidup ini kadang terasa menjengkelkan, kita harus belajar melihat sisi positifnya dan mensyukurinya, ‘cause you don’t know what you got until it’s gone. Kita baru menyadari dan menyayangkan segala hal yang kita miliki ketika segalanya itu akan hilang. Jangan sampai kita menyesal di akhir.

Alurnya cukup menarik. Walaupun ada beberapa adegan yang terkesan sia-sia atau tidak perlu, namun nyatanya setiap adegan yang diciptakan saling berkaitan satu sama lain dan bahu-membahu membentuk satu cerita yang utuh.

Pemberian informasinya sedikit menumpuk di awal, namun kemudian penulis berhasil memunculkan beberapa rahasia yang membangkitkan rasa penasaran pembaca, yang kemudian disingkap di bab berikutnya.

Namun, ada beberapa hal yang dapat ditebak pembaca, membuat ceritanya agak membosankan. Selain itu, penjelasan/deskripsi yang diberikan sedikit berlebihan, artinya, penulis menjelaskan hal-hal yang sudah diketahui pembaca dan terkadang mengulang-ulang suatu informasi, sehingga dapat membuat pembaca merasa jemu.

Above it all, novel ini memberikan banyak pelajaran bagi para pembacanya. Novel ini memaparkan berbagai nilai hidup yang sering terlupakan oleh masyarakat. Selain itu, novel ini menyingkap makna hidup yang sesungguhnya. Novel ini memang lebih ditujukan kepada para remaja, mengingat genrenya, yaitu teenlit, tetapi bukan berarti pembaca dewasa tidak boleh membacanya. Saya rasa novel ini cocok untuk semua kalangan, karena pesan moral yang disampaikannya sangat berarti.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s