Remember When by Winna Efendi

Posted: June 8, 2013 in Book Reviews
Tags: ,

[COPYRIGHTED!]

Judul Buku        : Remember When

Pengarang         : Winna Efendi

Penerbit            : Gagas Media

Jumlah Halaman  : 260 halaman

Remember When

(Semua gambar cover dan identitas buku dalam review-review novelku bersumber dari Goodreads)

Persahabatan dan cinta. Dua hal yang berbeda tetapi saling melengkapi. Dua hal yang selalu berdampingan, namun sulit bersatu, bahkan bisa saling meniadakan. Ada persahabatan yang didasari cinta, atau cinta yang didasari persahabatan. Sahabat tentunya saling mencintai, layaknya sahabat. Dan dalam kisah percintaan, juga dijalin hubungan bersahabat yang erat. Tetapi ketika keduanya melebur menjadi satu, ada salah satu aspek yang mendominasi. Seperti ada yang mengatakan, sulit untuk memilih antara persahabatan dan cinta.

Adrian, Moses, Gia, dan Freya, empat tokoh utama dari novel Remember When, juga mengalami dilema yang sama. Awalnya, mereka dipersatukan melalui hubungan persahabatan. Adrian bersahabat dengan Moses, sedangkan Gia bersahabat dengan Freya. Moses menyukai Freya, dan Adrian menyukai Gia. Akhirnya, Moses berpacaran dengan Freya dan Adrian berpacaran dengan Gia. Lingkaran Gia-Freya dan Adrian-Moses pun melebur menjadi satu lingkaran yang lebih besar, dan terbentuk juga dua lingkaran kecil yang baru, yaitu lingkaran Moses-Freya dan Adrian-Gia.

Mereka mengira lingkaran mereka sudah simetris, cocok apa adanya, tidak akan berubah. Tetapi, perubahan adalah satu-satunya hal yang pasti di dunia ini. Apapun dapat berubah. Lingkaran-lingkaran kecil yang mereka bentuk pun akhirnya saling melebur. Ada yang membentuk lingkaran baru, ada yang hancur. Konflik-konflik bermunculan, dimana lingkaran baru terbentuk dan meniadakan lingkaran yang lain.

Untuk mempertahankan lingkaran itu, harus ada yang mengalah, bisa satu pihak, atau mungkin semua pihak. Siapakah yang sanggup melakukannya? Apakah di akhir lingkaran yang telah mereka jalin susah payah dapat pulih kembali?

Persahabatan memang sering didominasi oleh cinta, namun persahabatan sejati akan terus bertahan hingga akhir, walaupun melalui berbagai rintangan. Persahabatan mereka termasuk dalam kategori ini.

Remember When adalah salah satu karya cemerlang Winna yang mengisahkan tentang persahabatan dan cinta remaja. Tema ini memang sudah sering diangkat, bahkan oleh Winna sendiri, seperti pada novelnya yang berjudul Refrain dan Ai. Tetapi hebatnya, Winna dapat menyajikan kisah ini secara berbeda, sehingga pembaca tidak merasa bosan dengan tema yang diangkat. Bumbu-bumbu baru dipercikkan, memberikan sensasi yang berbeda pada kisah yang satu ini. Konflik yang diberikan cukup kompleks, dengan solusi yang tidak disangka-sangka, membuat pembaca tidak akan bisa menebaknya.

Gaya bahasa yang digunakan sederhana sehingga mudah dicerna oleh pembaca dan terasa mengalir sejalan dengan alurnya. Pendekripsian latarnya sangat baik, sehingga seluruh aspek dalam novel ini terasa hidup, mulai dari tokohnya, hubungan antar tokoh, latar, bahkan konflik yang ada pun terasa sangat nyata.

Akhir yang bahagia, siapa yang tidak suka akhir yang bahagia? Namun, akhir yang bahagia biasanya mudah ditebak. Sedangkan akhir dari novel ini, bahagia tapi tidak mudah ditebak. Akhir yang membuat gregetan, karena selama membaca, pembaca akan berusaha menebak bagaimana akhirnya dan menanti-nanti akhir yang bahagia tersebut.

Sampulnya yang berwarna pucat memberikan kesan mellow yang cocok dengan kisah di dalamnya. Gambar kursi taman yang kosong, hanya ada sebuah tas, payung, dan jaket memberikan kesan sepi, sunyi, dan hampa, mendukung kesan mellow yang ingin digalakkan.

Novel ini memberikan banyak pesan moral untuk para pembacanya. Novel ini memberi makna baru mengenai persahabatan. Friendship that lasts. Maka dari itu, saya sangat merekomendasikannya kepada semua orang, terutama para remaja, karena makna persahabatan yang diajarkan sangat berarti.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s