With You by Christian Simamora & Orizuka

Posted: June 8, 2013 in Book Reviews
Tags:

[COPYRIGHTED!]

Judul        : With You

Pengarang        : Christian Simamora dan Orizuka

Penerbit            : Gagas Media

Jumlah Halaman  : 316 halaman

With You

(Semua gambar cover dan identitas buku dalam review-review novelku bersumber dari Goodreads)

Satu keunikan dari sebuah novel yang ditulis oleh dua atau lebih penulis adalah, pembaca mendapat dua jenis tulisan, dalam arti, dua tulisan dengan gaya menulis yang berbeda. Setiap penulis memiliki gaya menulis masing-masing, yang tentunya berbeda satu dengan yang lainnya. Jika dalam satu novel ada dua jenis gaya menulis, jelas membacanya menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan.

Penerbit Gagas Media memiliki satu proyek yang bernama Gagas Duet. Setiap bulan, ada edisi baru dari proyek ini, menerbitkan novel karya dari dua penulis andalan Gagas Media. Kebanyakan novel dari proyek ini sangat menarik. Saya sudah membaca sebagian besarnya: Truth or Dare, Fly to The Sky, dan With You. Nah, kali ini, saya ingin mereview Gagas Duet yang berjudul With You, karya Christian Simamora dan Orizuka.

Dari penulisnya saja sudah kelihatan bahwa novel ini akan memiliki gaya menulis yang sangat berbeda. Biasanya, penulis cowok dan cewek memiliki gaya menulis yang sangat terlihat perbedaannya. Terutama dua penulis ini, Christian dan Orizuka.

Christian memiliki gaya menulis yang cenderung dewasa. Topik yang diangkat dan bahasa yang digunakannya lebih bersasaran pada pembaca young adult, sedangkan Orizuka lebih sering menggunakan topik dan bahasa yang ringan, sesuai dengan kalangan remaja atau umum.

Inti dari With You adalah cerita tentang satu hari penuh bersama seseorang yang disayangi. Christian menceritakan kisah Cindy dan Jere, dua model terkenal, yang baru saja saling mengenal dan menghabiskan satu hari bersama untuk mengobrol, dan keduanya jadi saling jatuh cinta. Sedangkan Orizuka menceritakan Juna dan Lyla, sepasang kekasih yang akhirnya putus karna merasa kurang cocok, lalu dipertemukan kembali di saat keduanya sedang berusaha keras untuk melupakan satu sama lain. Dalam satu hari yang penuh kejadian tak disangka-sangka, mereka menyadari kalau mereka masih saling mencintai.

Saya cenderung lebih menyukai karya Orizuka, karena ia adalah penulis favorit saya. Saya sudah membaca hampir semua karyanya, dan saya menyukai semuanya. Bahasanya yang komunikatif tetapi menyentuh hati itu sangat menggugah hati. Selain itu alur cerita yang ia racik juga sangat menarik. Tokoh yang ia hadirkan sangat hidup dan nyata, memiliki karakter dan latar belakang yang kompleks layaknya manusia asli.

Sedangkan untuk karya Christian, masih agak asing untuk saya, karna ini karya pertamanya yang saya baca. Alur ceritanya lumayan menarik, tetapi tidak begitu spesial. Belum lagi gaya bahasanya yang vulgar dan terlalu dewasa, kurang cocok dengan saya. Namun, karakter yang ia ciptakan kuat dan sangat menarik. Pendeskripsiannya juga luar biasa.

Dapat dilihat bahwa kedua kisah yang dirangkum dalam satu novel karya dua penulis hebat ini sangat berbeda. Namun perbedaan itulah yang membuat novel ini menarik. Dan kedua kisah yang disajikan di buku ini tidak bersambung, namun berhubungan, jadi tidak masalah mau mulai dari mana membacanya. Bila Anda lebih suka cerita romantis melankolis dengan gaya bahasa sederhana, Anda bisa langsung membaca kisah ‘Sunrise’ karya Orizuka. Tetapi jika Anda lebih suka bacaan dewasa, Anda bisa langsung membaca ‘Cinderelalla Rockefella’ karya Christian Simamora.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s