Cinta Brontosaurus by Raditya Dika

Posted: June 18, 2013 in Book Reviews
Tags: , ,

[COPYRIGHTED!]

Judul Buku        : Cinta Brontosaurus

Pengarang        : Raditya Dika

Penerbit            : Gagas Media

Jumlah Halaman  : 152 halaman

Cinta Brontosaurus

(Semua gambar cover dan identitas buku dalam review-review novelku bersumber dari Goodreads)

Sebuah karya tulis tidak memerlukan ide yang cetar membahana. Hal-hal kecil di sekitar kita dapat dijadikan bahan menulis. Itulah yang berhasil Raditya Dika sajikan dalam novelnya yang berjudul Cinta Brontosaurus ini. Kejadian-kejadian kecil yang dialaminya sehari-hari diolahnya menjadi cerita kocak yang menggelitik saraf tertawa kita. Ia menceritakan pengalaman pribadinya seperti sedang curhat pada para pembacanya.

Ada kisah tragis tentang mobil pertamanya yang babak belur akibat gaya mengemudinya, dan diam-diam menyimpan dengki yang akhirnya dibalaskan. Ada juga pengalaman memalukannya semasa sekolah, pengalaman cintanya yang konyol tapi menyedihkan, pengalamannya menderita penyakit aneh, sampai tentang kucing peliharaannya yang jatuh cinta.

Kesulitan seseorang untuk melucu atau menulis genre komedi adalah takut leluconnya garing. Namun, Raditya sukses menaklukkan satu kesulitan itu. Dengan bahasanya yang mengalir dan apa adanya, dia berhasil membuat pembaca ngakak guling-guling. Tidak ada unsur paksaan dalam lelucon yang ia lontarkan, sehingga pembaca juga tidak terpaksa untuk tertawa.

Gaya bahasanya yang ringan membuat pembaca semakin mudah terbawa suasana yang ia ciptakan. Ada tiga belas cerita pendek yang disajikan, semuanya berhasil membawa gelak tawa para pembaca. Bukunya memang tipis, tetapi satu buku itu sudah sanggup membuat pembaca tertawa terbahak-bahak. Justru karena jumlah halamannya yang tipis ini yang membuat buku ini cocok untuk dibaca kapan saja, di sela-sela waktu luang, untuk menghilangkan penat di kepala.

Buku yang sudah difilmkan ini memang memiliki keunikannya sendiri. Walaupun filmnya tidak sama persis dengan isi bukunya, tetapi saya mengerti kenapa Production House ingin mengadaptasikan buku ini menjadi sebuah film. Gaya menulis Raditya yang lugu dan apa adanya ini menjadi sesuatu yang fresh di mata masyarakat, dan tidak lupa, sangat menghibur.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s