Draf 1: Taktik Menulis Fiksi Pertamamu by Winna Efendi

Posted: June 19, 2013 in Book Reviews
Tags: ,

[COPYRIGHTED!]

Judul Buku         : Draf 1: Taktik Menulis Fiksi Pertamamu

Pengarang        : Winna Efendi

Penerbit           : Gagas Media

Jumlah Halaman  : 356 halaman

Draf 1

(Semua gambar cover dan identitas buku dalam review-review novelku bersumber dari Goodreads)

Kak Winna Efendi adalah penulis favorit saya. Membaca adalah hobi saya. Dan menulis adalah passion saya. Jadi, bagaimana mungkin saya tidak langsung menyerbu toko buku, begitu tahu penulis favorit saya menulis buku tentang menulis? Ya, begitu tahu buku ini diterbitkan dan sudah tersebar di toko buku, saya langsung lari terbirit-birit ke Gramedia dan membeli buku ini.

Dan benar sesuai dugaan saya, buku ini sangat JLEB! AMAZING! Sesuai banget sama kebutuhan saya sebagai calon penulis. Selama membaca buku ini, saya merasa semangat menulis saya disulut dan berkobar-kobar.

“Menulis itu susah? Banget.” Saya setuju banget sama kak Winna. Ada yang bilang menulis itu mudah, bermodal tekad, banyak membaca dan banyak latihan. Namun, kalau tidak didukung komitmen kuat dan disiplin tinggi, itu tidak akan terjadi.

Truth to be told, menulis itu gampang-gampang susah. Terkadang terasa mudah dan menyenangkan, apalagi jika ide mengalir selancar air. Namun, menulis juga dapat terasa sulit karena tanpa teknik yang benar dan loyalitas untuk kembali ke halaman-halaman yang belum rampung, tulisan kita akan terus tidak selesai atau menjadi sebaik yang kita inginkan.”

Lagi-lagi saya setuju dengan pernyataan kak Winna. Di buku ini, kak Winna berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan yang biasanya nangkring di kepala-kepala calon penulis, seperti:

  • Gimana sih, caranya menulis fiksi yang enak dibaca?
  • Bagaimana caranya menciptakan konflik yang nggak klise?
  • Gimana caranya menulis cerita dari awal sampai akhir?
  • Ceritaku mandek dan nggak kelar-kelar, gimana ya supaya aku bisa menyelesaikannya?
  • Bagaimana cara mengirimkan naskah ke penerbit, dan apa yang bisa kita lakukan supaya naskah tersebut ‘dilirik’?
  • Lalu, prosedur penerbitannya bagaimana?

Ya, semuanya dijawab di buku ini. Buku ini memaparkan mulai dari elemen-elemen novel, proses menulis, self-editing, penerbitan novel, bagaimana kita menghadapi penolakan naskah, apa yang akan terjadi pada naskha yang diterima, sampai sneak-peek kehidupan sebagai seorang penulis.

Buku ini benar-benar berguna, terutama bagi kalian yang bercita-cita menjadi penulis, khususnya penulis fiksi atau novelis. Buku ini sanggup memberikan berbagai ilmu untuk kita, sekaligus motivasi untuk terus menulis dan memperjuangkan cita-cita kita.

Buku ini dilengkapi dengan desai layout yang sangat menarik. Ada ilustrasi-ilustrasi yang lucu, quotes yang menginspirasi, dan lain-lain. Covernya juga tidak kalah menarik. Judulnya yang ditulis besar-besar, membuat pembaca sudah bisa mengenalinya dari jauh. Setiap kali melihat cover buku ini, semangat saya selalu menggebu-gebu.

Buku ini bukan hanya direkomendasikan untuk dibaca sekali, tetapi berulang-ulang kali. Dan lebih baik jika kalian memilikinya sendiri, agar bisa dibaca sesering yang kalian mau, dan menjadi referensi ketika menulis. Hai, para calon penulis, buku ini ditulis dan diterbitkam untuk kamu!

Leave a Reply

