Truth or Dare by Winna Efendi

Posted: June 19, 2013 in Book Reviews
Tags: , ,

[COPYRIGHTED!]

Judul Buku         : Truth or Dare

Pengarang        : Winna Efendi dan Yoana Dianika

Penerbit            : Gagas Media

Jumlah Halaman  : 304 halaman

Truth Or Dare

(Semua gambar cover dan identitas buku dalam review-review novelku bersumber dari Goodreads)

Persahabatan dan cinta. Agak sulit jika kita disuruh memilih salah satu di antaranya. Kebayakan orang, jika ditanya, mungkin akan menjawab “persahabatan” namun kenyataannya lebih banyak yang memilih “cinta” tanpa sadar. Begitu pula yang dialami Catherine dan Alice. Di saat Alice lebih memilih “persahabatan”, sahabatnya malah memilih “cinta”.

Novel ini mengisahkan dua orang sahabat, Alice dan Catherine. Mereka sudah bersahabat lama, dan persahabatan yang mereka jalin sangat kuat. Lalu, datang anak cowok baru di kelas mereka, Julian. Dan tiba-tiba saja, gelembung antara Catherine dan Alice diinterupsi oleh si cowok baru itu. Mereka sama sekali tidak keberatan. Terbentuklah rantai baru. Persahabatan antara Al-Cat-Julian.

Ada yang bilang, cowok dan cewek mustahil untuk bersahabat. Pernyataan itu terkadang benar. Well, itulah yang terjadi di antara Al, Cat dan Julian. Al menyukai Julian, namun Julian menyukai Cat. Dan rupanya Cat juga menyukai Julian. Al yang menyadari chemistry di antara Julian dan Cat memilih mundur, dan membiarkan mereka pacaran. Segalanya berjalan mulus. Persahabatan mereka masih tetap erat seperti biasa, hingga suatu malam. Ketika Julian sedang berkabung, dan memerlukan Cat di sisinya, namun yang hadir hanyalah Al, karna Cat sedang berhalangan. Lalu sebuah kecelakaan terjadi, membuat putusnya hubungan antara Cat dengan Julian, juga persahabatannya dengan Al.

Tetapi, ada juga yang bilang, persahabatan sejati tidak akan begitu mudahnya retak, bukan begitu? Namun, yang terjadi pada Al dan Cat sedikit mengenaskan. Ketika keretakan di antara persahabatan mereka hampir pulih, ada saja sesuatu yang menghalanginya, dan membenarkan pepatah yang mengatakan “Penyesalan datang terlambat”. Julian pun merasakan hal yang sama.

Kisah persahabatan yang sangat menyayat hati. Novel ini lebih menekankan sisi persahabatan daripada romance,  namun tetap saja unggul. Ini adalah duo dari dua penulis favorit saya. GagasDuet, berarti kolaborasi antara dua penulis. Sangat menyenangkan, karena kita bisa menikmati karya brilian dua orang sekaligus, dengan gaya menulis yang berbeda.

Winna Efendi mengambil sudut pandang Alice, dan Yoana Dianika mengambil sudut pandang Catherine. Keduanya sangat mendalami karakter yang mereka pegang. Karena masing-masing penulis fokus pada karakter yang dipegang, sehingga tokoh yang tercipta pun unik dan sangat hidup. Terasanya seperti mereka yang sedang bercerita.

Pendeskripsian latarnya juga sangat bagus. Menyenangkan sekali bisa membayangkan suasana pantai seakan sedang berada di sana. Pemilihan katanya juga menakjubkan, membuat pembaca mengikuti arus dengan senyum dan tetesan air mata.

Covernya yang berwarna biru sangat menggugah hati. Dengan gambar ombak yang sesuai dengan latar dalam novel. Desain layoutnya juga mengagumkan, seperti biasa.

Novel yang sangat bagus! Sangat direkomendasikan pada para remaja, karena cerita ini menceritakan persahabatan dan cinta di kalangan remaja. Kalian tidak akan menyesal setelah membacanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s