Melbourne: Rewind by Winna Efendi

Posted: July 4, 2013 in Book Reviews
Tags: ,

[COPYRIGHTED!]

Judul Buku         : Melbourne: Rewind

Pengarang        : Winna Efendi

Penerbit            : Gagas Media

Jumlah Halaman  : 340 halaman

Melbourne

(Semua gambar cover dan identitas buku dalam review-review novelku bersumber dari Goodreads)

Cinta yang hilang lalu ditemukan kembali, atau cinta yang tumbuh dari benih baru? Atau mungkin, cinta yang tak pernah hilang, hanya terkikis sedikit oleh waktu? Max dan Laura tidak sepenuhnya yakin dengan apa yang mereka rasakan. Benang merah mereka memang pernah saling tertaut, namun itu di masa lalu.

Tahun-tahun berlalu, mereka mulai move on. Namun, ketika takdir kembali mempertemukan mereka, mereka jadi bingung dengan perasaan masing-masing. Mereka mulai kembali merajut kenangan, mengisi tanda tanya besar di kepala mereka selama mereka berpisah, melakukan hal-hal yang dulu mereka lakukan bersama.

Ada hal-hal yang berubah, namun ada juga hal-hal yang masih tetap sama seperti dulu. Rasa-rasa mulai bermunculan, membuat mereka semakin bingung kemana harus mereka bawa hubungan mereka. Konflik-konflik berdatangan dan berusaha memisahkan mereka. Namun, cinta sejati memang selalu kembali pulang ke rumahnya yang tepat, bukan begitu?

Aku cinta setiap inchi dari novel ini. Mulai dari tema yang diangkat, mengenai cinta lama, kenangan, masa lalu, patah hati dan jatuh cinta. Tema yang umum, namun diracik sedemikian rupa hingga menjadi sesuatu yang sangat fresh dan menggugah selera. Bagaimana alurnya yang maju mundur mengombang-ambing pembaca. Di satu waktu membuat pembaca merasa sangat penasaran, di waktu lain membuat pembaca ber-oh-ria. Tidak ada tumpukan informasi. Rahasia demi rahasia diungkapkan satu per satu, sehingga pembaca tidak ngos-ngosan mengejar alur, namun mengalir begitu saja, menikmati setiap kejutannya.

Lalu bagaimana permainan sudut pandangnya sangat menakjubkan. Pergantian sudut pandang, membuat pembaca mengenal tokoh lebih dalam, dan melihat dari berbagai sisi. Tokoh yang ada, juga sangat loveable. Kedua tokoh utamanya berhasil membuat saya benar-benar jatuh cinta. Penulis benar-benar menyelami setiap tokoh, mengenali seluk beluk kehidupan sang tokoh. Apa yang disukanya, apa yang dibencinya, kebiasaan-kebiasaan kecilnya, hobinya, ambisinya, semuanya.

Belum lagi latar yang digunakannya, sangat menarik, dan jarang diangkat. Melbourne, satu kota di Australia, yang jarang dimasukkan dalam destinasi travelling, namun justru itu yang membuatnya menarik. Winna menjamah setiap sudut kota Melbourne, memperkenalkan kota yang tak kalah indah ini pada para pembaca. Pendeskripsian dan research yang luar biasa, membuat pembaca merasa seperti sedang berada di sana. Bahkan, jadi mendamba-damba untuk pergi ke sana (seperti saya).

Cover, desain layout, semuanya, benar-benar fantastis! Bagaimana setiap bab diberi judul lagu, yang mewakili seisi bab tersebut, dengan potongan-potongan lirik yang benar-benar pas. Juga ilustrasi-ilustrasi yang menggambarkan tempat-tempat yang menjadi latar, membuat pembaca semakin mudah membayangkan tempatnya. Dan ada juga postcard dan bookmark yang keren di dalam novel ini.

Novel yang sangat bagus, wajib dibaca, terlalu sayang untuk dilewatkan. Percayalah, Anda tidak akan menyesal membacanya. Bahkan, mungkin Anda rela membacanya berulang kali saking bagusnya (itulah yang akan saya lakukan).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s