The Chronicles of Audy: 4R by Orizuka

Posted: July 31, 2013 in Book Reviews
Tags: ,

[COPYRIGHTED!]

Judul Buku         : The Chronicles of Audy: 4R

Pengarang        : Orizuka

Penerbit           : Penerbit Haru

Jumlah Halaman  : 320 halaman

Audy 4R

(Semua gambar cover dan identitas buku dalam review-review novelku bersumber dari Goodreads)

Ini salah satu novel Orizuka favoritku! Orizuka selalu berhasil membuat cerita-cerita simpel menjadi sangat menghibur dan menarik.

Novel ini menceritakan tentang Audy, mahasiswa UGM yang tinggal skripsi. Tetapi, keadaan orangtuanya yang tidak memungkinkan, membuatnya harus bekerja. Ia mendapat pekerjaan di sebuah rumah beranggotakan 4 bersaudara, semuanya laki-laki. Awalnya, ia menandatangi kontrak untuk bekerja sebagai babysitter seorang bocah berumur 4 tahun. Namun, karena tidak membaca dengan teliti isi kontrak tersebut, ia jadi harus mengurus rumah itu dan mengerjakan berbagai macam urusan rumah tangga layaknya pembantu.

4R adalah inisial dari keempat bersaudara itu, yang namanya semua diawali huruf R. Regan, Romeo, Rex, dan Rafael. Keempatnya memiliki karakter yang berbeda-beda. Awalnya, Audy merasa frustasi dalam mengurus mereka. Namun, lama-kelamaan, ia jadi menikmati pekerjaannya itu.

Novel ini memiliki ide cerita yang simpel, namun dibumbui konflik yang cukup bervariasi, sehingga menjadi sangat menarik. Nilai moral dan kekeluargaan dari novel ini sangat menyentuh hati. Orizuka berhasil menyajikan kisah yang ringan super kocak, namun penuh makna dan pesan moral.

Kelima tokoh utamanya disajikan dengan sangat baik, sehingga terasa sangat nyata dan hidup. Setiap tokoh memiliki sifat yang unik dan menggemaskan.  Mereka seakan mengisahkan cerita mereka masing-masing. They’re really alive.

Settingnya memang tidak WOW, hanya di Jogjakarta, namun memang bukan itu yang menjadi fokus sang penulis. Covernya begitu imut, dengan pinggiran kertas berwarna pink dan 5 jenis bookmarks yang bergambarkan ilustrasi kelima tokoh utama. Unik!

The Chronicles of Audy: 4R adalah sebuah series. Akan ada kelanjutannya, membuat semua pembaca tidak sabar menunggunya.

Novel ini sangat recommended bagi semua jenis orang. Novel ini bisa menghilangkan penat seberat apapun!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s