Always, Laila by Andi Eriawan

Posted: August 12, 2013 in Book Reviews
Tags:

[COPYRIGHTED!]

Judul Buku         : Always, Laila

Pengarang        : Andi Eriawan

Penerbit           : GagasMedia

Jumlah Halaman  : 240 halaman

Always Laila

(Semua gambar cover dan identitas buku dalam review-review novelku bersumber dari Goodreads)

Cinta pada pandangan pertama. Menurut saya, itu yang dialami Pram terhadap Laila. Saat ia pertama kali melihat Laila, ia langsung tertarik seperti magnet. Cinta pada pandangan pertama biasanya berbicara tentang ketertarikan fisik. Laila memanglah sangat cantik, jadi tidak heran banyak yang tertarik padanya. Tetapi berbeda dengan Pram. Cinta pada pandangan pertama biasa disebut cinta yang dangkal dan beralasan, sehingga mudah luntur. Sedangkan cinta Pram pada Laila tak pernah luntur, bahkan semakin hari semakin bersinar.

Mereka masuk ke SMA yang sama, bertemu dan berkenalan, menjadi teman dekat dan akhirnya berpacaran. Hubungan mereka dekat layaknya sahabat. Hari-hari yang mereka lalui ceria. Walaupun tidak seromantis pasangan lain, tapi mereka bahagia. Tetapi seperti hubungan lain, hubungan mereka pun ada yang menghalangi. Laila memutuskan hubungan itu satu pihak, karena suatu alasan, lalu meninggalkan Pram begitu saja. Pram yang sangat mencintai Laila sangat terpuruk.

Laila sebenarnya masih sangat mencintai Pram, tapi ia terus menyangkalnya. Dan ketika akhirnya ia sadar bahwa cintanya pada Pram lebih besar dari apapun, semuanya sudah terlambat.

Kisah yang mengharu-biru, seperti cerita cinta lainnya. Namun, yang membuat novel ini berbeda dari yang lainnya adalah gaya menulisnya. Novel ini ditulis oleh kaum adam, bukan hawa seperti biasanya. Jelas tampak perbedaan yang jelas di antara tulisan kedua gender ini. Sesama gender saja bisa berbeda, apalagi berlawanan gender. Karena kaum pria cenderung menggunakan otak dibandingkan perasaan, sehingga kisah cinta yang sedih ini pun tidak overdramatik. Gaya bahasanya simpel, namun sangat menyentuh.

Saya suka permainan alur yang digunakan. Bab yang satu menceritakan keadaan saat ini, bab selanjutnya mudur ke masa lalu, dan begitu seterusnya. Membangkitkan rasa penasaran. Menyimpan misteri, yang satu per satu diungkapkan. Alurnya begitu mengalir dan menghanyutkan.

Adegan-adegan yang disajikan pun unik. Sederhana, tapi menyenangkan. Tidak romantis-romantis amat, tapi berkesan. Saya suka sekali dengan kedua tokohnya. Laila yang cerewet dan lucu. Pram yang jahil dan menggemaskan, juga penuh kejutan. Begitu hidup. Begitu nyata. Saya sangat menikmati perjalanan hubungan mereka yang berkembang di setiap babnya.

Konflik yang muncul pun tidak disangka-sangka. Bukan konflik pasaran yang tidak kuat, melainkan konflik yang cukup rumit. Walaupun penulis tidak mendeskripsikan sesuatu dengan detail, tetapi justru itulah yang membuatnya to the point, tidak bertele-tele, langsung jleb!

Saya suka sekali dengan novel ini. Sangat berbeda dari novel-novel yang pernah saya baca sebelumnya. Recommended!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s