London: Angel by Windry Ramadhina

Posted: September 13, 2013 in Book Reviews
Tags: , , , ,

[COPYRIGHTED!]

Judul Buku         : London: Angel
Pengarang        : Windry Ramadhina
Penerbit           : Gagas Media
Jumlah Halaman  : 330 halaman

London: Angel

(Semua gambar cover dan identitas buku dalam review-review novelku bersumber dari Goodreads)

Menceritakan tentang seorang pemuda bernama Gilang, yang jatuh cinta pada sahabat masa kecilnya, Ning. Namun, sebelum ia sempat menyatakan perasaannya pada Ning, gadis itu sudah pindah ke London untuk berkuliah dan lanjut bekerja. Akhirnya, atas dukungan teman-temannya, Gilang berangkat ke London untuk menemui Ning.

Sesampainya di sana, ia menemukan bahwa Ning sedang pergi ke luar kota untuk urusan pekerjaan. Gilang memang sengaja tidak memberitahu Ning tentang kedatangannya. Ia ingin membuat kejutan.

Selama menunggu kepulangan Ning, ia bertemu dengan seorang gadis berambut ikal berwarna emas yang sangat cantik bak malaikat. Namun, gadis itu selalu menghilang saat hujan berhenti. Ia meninggalkan payung merahnya begitu saja, dan Gilang pun membawa payung itu pulang. Ia bertemu beberapa kali dengan gadis itu, namun tidak berhasil mendapatkan jawaban mengenai kemisteriusan gadis itu.

Gilang berteman baik dengan Ed – pelayan di motel tempat ia menginap, dan Mister Loweslie – pemilik toko buku di seberang motel. Ia juga bertemu dengan Ayu, gadis pengoleksi buku cetakan pertama yang juga berasal dari Indonesia dan sedang berlibur di London.

Saat Ning pulang, ia benar-benar kaget akan kedatangan sahabatnya itu. Mereka pun menggunakan waktu yang singkat itu – Gilang hanya menetap selama lima hari, sebaik-baiknya. Suatu hari, mereka bertemu dengan seorang seniman yang sangat dikagumi oleh Ning, Finn – begitu Gilang memanggilnya. Gilang menyadari perbedaan pada Ning ketika ia berada di sekitar Finn.

Awalnya Gilang tidak memedulikan itu. Ia tetap menyatakan perasaannya pada Ning. Namun kemudian, saat Ning menerima cintanya, ia malah melepas gadis itu, karena tahu gadis itu mencintai pria lain. Ia tidak mau memaksa gadis itu untuk mencintainya.

Banyak hal yang terjadi selama lima hari itu. Dan payung merah milik gadis berwajah malaikat itu membawa keajaiban cinta bagi orang-orang di sekitarnya. Mister Loweslie yang akhirnya mendapat cinta dari Madam Maudge, pemilik motel tempat Gilang menginap. Lalu pria yang duduk di sebelah Gilang selama penerbangan ke London, tidak jadi bercerai dengan istrinya. Dan Ning, yang cintanya dibalas oleh Finn.

Sedangkan Gilang? Tanpa ia sangka, ia pun menerima keajaiban cintanya sendiri dari payung merah itu.

Kisah yang menarik, menggabungkan mitos (tentang malaikat yang turun bersama hujan) dan kenyataan. Penuh misteri, tidak tertebak kemana jalan cerita akan membawa kita. Sudut pandang orang pertama – sisi Gilang, sehingga kita bisa mendalami karakternya dengan baik.

Pendeskripsian setting yang luar biasa, membawa kita berkeliling kota London yang lembab. Benar-benar menyenangkan. Kita dapat membayangkan setiap adegan dengan jelas di dalam benak kita. Penggambaran fisik tokoh dan suasana yang terbentuk juga bagus, sehingga segalanya benar-benar terasa nyata.

Konflik yang ada kebanyakan konflik batin, dan rata-rata masalah cinta, namun pengembangannya sangat baik, sehingga tetap terasa fresh. Bisa dibilang kisah ini berakhir bahagia, namun di sisi lain masih menggantung. Saya rasa novel ini masih ada lanjutannya – atau setidaknya masih bisa dilanjutkan menjadi kisah lain.

Saya benar-benar jatuh cinta dengan covernya – berwarna merah dengan tulisan “London” yang terkesan royal. Benar-benar menggugah hati. Intinya, novel ini worth to read. Recommended!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s