Swiss: Little Snow in Zurich by Alvi Syahrin

Posted: October 26, 2013 in Book Reviews
Tags: , ,

[COPYRIGHTED!]

Judul Buku        : Swiss: Little Snow In Zurich

Pengarang        : Alvi Syahrin

Penerbit           : Bukune

Jumlah Halaman  : 308 halaman

Swiss

(Semua gambar cover dan identitas buku dalam review-review novelku bersumber dari Goodreads)

Pertemuan antara Yasmine dan Rakel adalah pertemuan yang biasa-biasa saja. Mereka kebetulan sama-sama suka nongkrong di sebuah dermaga, dan selalu bertemu di sana. Namun, mereka tidak pernah menyangka bahwa kisah mereka akan lebih dari itu. Dimulai dari percakapan basa-basi, sampai janji untuk terus bersama.

Awalnya, mereka tidak menyadari ada sesuatu yang lebih besar dari rasa penasaran yang mengikat mereka berdua. Dan ketika akhirnya mereka sadar, semuanya terasa terlambat. Sebenarnya, mereka bisa terus bersama dari awal, namun kebutaan mereka terhadap rasa yang nyata itu membuat mereka harus menemui rintangan demi rintangan.

Saya sama sekali tidak menyangka kalau penulis novel ini adalah seorang laki-laki. Maaf, tapi jujur saja, namanya mirip nama cewek – well, karena ada teman cewek saya yang namanya Alvi, jadi ya, mindset saya langsung mengira Alvi yang ini juga cewek. Tapi, sepertinya saya tidak sendirian dalam hal ini. Gaya penulisannya jelas berbeda dari penulis cewek, tetapi ada unsur-unsur tertentu yang membuat saya terus menganggap kalau ini adalah tulisan cewek (sungguh maaf, Kak!).

Ide ceritanya bisa dibilang sederhana dan umum, namun ada unsur unik dan twistnya sedikit. Tetapi jujur saja, saya tidak begitu tertarik dengan novel yang ini. Settingnya keren di Swiss, tapi entah mengapa saya tidak terlalu merasakannya. Mungkin diksi dan pengembangan karakternya yang kurang, sehingga saya tidak terlalu terjerumus ke dalam cerita. Namun, akurnya cukup bikin gemas juga, sih.

Di novel inilah pertama kalinya saya lebih suka sama tokoh sampingannya daripada tokoh utama. Biasanya, saya tergila-gila sama tokoh utama cowoknya, tapi di novel ini, saya malah cenderung memihak pada tokoh sampingan cowoknya. Mungkin karena dia lebih manis.

Covernya keren, menggambarkan pemandangan Swiss yang bersalju – cocok sekali. Lalu ada bonus bookmark dan postcard yang tidak kalah keren. Novel ini tetap masuk daftar rekomendasi saya, namun kalau harus dikasih bintang, mungkin 3 of 5.

Leave a Reply

