Archive for the ‘Articles’ Category

[COPYRIGHTED!]

Nah, kata yang satu ini juga nggak kalah ngetrend. Aku juga lupa sejak kapan kata ini ngeboom. Jujur aja, awalny aku bahkan nggak ngerti apa arti kata “unyu” ini.

Unyu

Gambar dari sini: http://yulkhanmanying.blogspot.com/2013/03/stay-unyu.html

Sebenarnya, kata “unyu” berasal dari bahasa Sansekerta, yang artinya “anjing”. Nah, dengan kata ini, orang-orang lebih merujuk pada tampang anjing yang imut dan menggemaskan, sehingga arti kata “unyu” pun menjadi “imut”, “lucu”, “menggemaskan”, dan lain sejenisnya.

Nah, emoticon “:3” juga berasal dari anjing, yang mulutnya (di kartun) bentuknya seperti angka tiga. Arti emoticon-nya…. Aku juga kurang tau, tapi sepertinya itu untuk menggambarkan senyum yang imut. Hahaha.

Unyu

Gambar dari sini: http://nathanaelmu.com/2011/06/kisah-1001-unyu/

Ada juga yang mengatakan kalau “unyu” itu adalah bahasa Manga (komik Jepang) mewakili emosi gemas, lucu, geregetan. Seperti istilah-istilah lainnya, kata “unyu” ini pun sering diartikan bermacam-macam. Tapi intinya ya, untuk menggambarkan sesuatu yang imut dan menggemaskan, atau sejenisnya.

Menurutku, “unyu” itu ini:

Unyu

Gambar dari sini: http://wallpaperswide.com/despicable_me_2_agnes-wallpapers.html

Semoga bermanfaat!

Referensi:
http://www.faktaunik.asia/2012/09/unyu-unyu.html#_
http://jengarmala.blogspot.com/2012/06/kata-unyu-unyu-anjing.html

[COPYRIGHTED!]

Sepertinya, semua orang pasti udah pernah mendengar kata ini. Setauku, kata “galau” mulai ngetrend tahun 2011, saat aku masih kelas 2 SMA. Tiba-tiba saja, semua orang menggunakan kata itu. Aku sendiri baru tau tentang kata itu saat sudah ngetrend di twitter dan sering dipakai teman-temanku. Padahal, kata “galau” sendiri udah ada sejak lama. Di KBBI pun ada mencantumkan arti kata itu, which is:

“ber·ga·lau : sibuk beramai-ramai; ramai sekali; kacau tidak keruan (pikiran)
ke·ga·lau·an : sifat (keadaan hal) galau”

Tapi, kata ini baru ngetrend akhir-akhir ini, dengan makna yang beragam. Jujur aja, awalnya aku sampai bingung arti kata “galau” itu apa. Sedikit-sedikit, orang mengeluh, “Aduh, aku galau, nih.”

Galau

Gambar dari sini: http://www.masanwar.com/2012/06/kata-kata-galau-terbaru.html

Biasanya sih, galau identik sama hujan, karena suasananya yang kelam, mendung, mellow gitu, deh…

Galau

Gambar dari sini: http://www.masanwar.com/2012/06/kata-kata-galau-terbaru.html

Ada juga yang menjabarkan ‘galau’ menjadi:

Galau

Gambar dari sini: http://www.masanwar.com/2012/06/kata-kata-galau-terbaru.html

Yang kutangkap sih, arti kata “galau” itu lebih cocok untuk keadaan yang tidak baik. Entah sedang banyak masalah, banyak pikiran, bingung, ragu, cemas, dsb. Kurasa memang itu sih arti yang paling tepat. Tapi banyak orang yang mengartikannya dengan berbagai macam makna.

Intinya, ya… ‘Galau’ itu bisa berarti apa aja, tergantung penggunanya. Tapi, lebih baik jika kita menggunakan kata sesuai arti aslinya.

Semoga bermanfaat!

Referensi: http://trendtalking.com/2013/06/11/asal-mula-kata-galau/

[COPYRIGHTED!]

“Cinta monyet”, atau kalau di luar negeri sering disebut dengan “puppy love“, udah sering banget kita denger dan gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kalau dipikir-pikir, aneh ya, istilah ini? Makanya mau aku bahas! Apa arti dari kata-kata itu? Kurasa semua orang udah tau. Intinya istilah untuk cinta-cintanya remaja dan ABG, deh! Yang kalau ketemu cenat-cenut, malu-malu tapi mau, you name it! Kurasa semua orang pernah mengalami fase ini. Ya, nggak? Hahaha!

Cinta Monyet

Gambar dari sini: http://sayakuproy.blogspot.com/2013/03/cinta-monyet_9781.html

Nah, kenapa disebutnya “cinta monyet”? Emangnya kita jatuh cinta sama monyet? Mungkin, tapi bukan itu alasannya. Istilah “cinta monyet” ini sebenarnya merupakan analogi. Ada satu kebiasaan monyet, yaitu selalu memperlihatkan sikap malu-malu, tetapi ingin tau, juga. Sama kayak anak remaja yang lagi kasmaran, kan? Malu-malu, tapi mau. Sok jaim di depan gebetan padahal diem-diem naksir. Hahaha ini bukan curhat, kok!

Oke, bagaimana dengan “puppy love“? “Puppy love” juga merujuk pada arti yang sama, cinta semasa masa anak-anak atau remaja. Kata ini juga analogi. Kita semua tau, anjing (atau anak anjing) itu setia banget sama majikannya. Mereka seakan memuja majikannya. Nah, cintanya remaja kan, juga begitu?

Puppy Love

Gambar dari sini: http://www.cutestpaw.com/images/puppy-love/

Dan cinta monyet slash puppy love ini sama-sama bersifat sementara. Kalau nggak sementara, ya namanya bukan cinta monyet atau puppy love lagi. Ha ha ha.

Oke, semoga artikel ini menambah ilmu dan menghibur!

Referensi:

http://klik77.blogspot.com/2013/05/inilah-asal-mula-kata-cinta-monyet.html#ixzz2eHHogmBP
http://en.wikipedia.org/wiki/Puppy_love

[COPYRIGHTED!]

Joining  : Ngerumpi Days Out 2012 Writing Competition

Held by : ngerumpi.com

Status    : Didn’t win 

(P.S: I modified it a bit) 

 

Be Cool and Enjoy School

Pic from: http://www.keepcalm-o-matic.co.uk/p/be-cool-and-enjoy-school/

Dewasa ini, banyak siswa yang merasa malas untuk bersekolah. Mereka merasa bahwa sekolah adalah kewajiban yang membebani mereka. Mereka merasa sekolah itu tidak berguna. Apakah benar sekolah itu tidak berguna? Apa sebenarnya tujuan dari sekolah?

School

Pic from: http://www.stanmorepublicschool.info/store/

Sekolah bertujuan untuk mendidik siswa-siswinya. Sekolah adalah tempat menimba ilmu. Sekolah memberi bekal hidup bagi siswa-siswinya. Saya rasa semua orang telah mengetahui hal-hal tersebut. Lalu mengapa masih ada yang merasa sekolah itu adalah beban? Hal itu disebabkan oleh cara pandang mereka yang negatif. Banyak siswa yang sering mengatakan mereka tidak berniat untuk bersekolah dan beberapa dari mereka menanyakan bagaimana caranya mendapat motivasi untuk sekolah.

Negative Thinking

Pic from: http://hariblewett.blogspot.com.au/2011/04/power-of-negative-thinking.html

Bagaimana jika dimulai dengan menukar kacamata negatif tersebut dengan kacamata positif? Ada banyak hal positif dari sekolah yang sering diabaikan oleh para siswa. Salah satunya adalah finding thejoy of learning’. Pernahkah Anda merasa tidak enak bila Anda tidak mengetahui apa-apa? Mengetahui banyak hal adalah hal yang menyenangkan. Sama halnya dengan belajar. Mempelajari hal baru setiap harinya adalah hal yang menyenangkan, bukankah begitu?  Cobalah mencari perasaan senang dalam belajar.

Joy of Learning

Pic from: http://www.uoc.edu/portal/en/viu-la-uoc/blogs/index.html

Ada banyak pelajaran yang diajarkan oleh sekolah dan semua pelanjaran itu penting dan berguna. Jangan meremehkan satu pelajaran pun. Banyak siswa yang hanya menyukai beberapa pelajaran dan meremehkan pelajaran lain. Mereka menganggap pelajaran tersebut tidak akan digunakan di kehidupannya yang akan datang. Beberapa dari mereka telah menentukan cita-cita mereka dan pelajaran yang tidak berhubungan dengan cita-cita mereka itu mereka abaikan. Padahal, tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Siapa yang tahu akan jadi apa kita nanti? Siapa tahu pelajaran yang diremehkan itu akan dibutuhkan di kemudian hari. Memiliki pengetahuan yang luas bukanlah hal yang merugikan. Jika Anda tahu lebih banyak dari orang lain, itu adalah hal lebih bagi Anda.

FuturePic from: http://intelligentmeasurement.net/2013/07/09/the-pr-agency-of-the-future-measurement-and-data/

Hal positif lainnya adalah mendapat teman baru. Saat Anda baru lahir, Anda tidak memiliki siapa-siapa selain keluarga Anda. Setelah Anda mulai bersekolah, barulah Anda mengenal banyak teman, Anda belajar bersosialisasi dengan mereka. Berteman adalah hal yang menyenangkan juga. Anda dapat mengetahui pribadi orang yang berbeda-beda dan belajar banyak dari mereka. Anda juga mengenal apa itu “cinta”, “persahabatan”, dll. Banyak hal positif yang dapat dipetik dari pertemanan tersebut.

Di sekolah, kita tidak hanya mendapat ilmu pengetahuan dan teman, kepribadian kita juga dibentuk di sekolah. Kita dapat membedakan hal yang baik dan yang tidak. Kita mendapat banyak pengalaman dan kenangan indah dan belajar dari situ. Kita diajarkan sopan santun, moral, dll.

Yang terpenting dari sekolah bukan hanya ilmu yang kita dapat. Sekolah bukan tentang kepintaran dan nilai, karena hal itu tidak akan bertahan lama. Yang terpenting adalah pengalaman dan kenangan yang indah yang kita dapat di sekolah. Jangan sia-siakan masa sekolahmu. Banyak orang yang menyesal karena menyia-nyiakan masa sekolah mereka. Banyak orang yang ingin mengulang waktu dan kembali ke masa sekolah mereka. Maka dari itu, nikmatilah masa sekolahmu, karena hanya terjadi sekali dalam hidupmu, tak dapat diulang kembali.

Hidup Sehat Tanpa Junk Food

Posted: June 28, 2012 in Articles
Tags:

Joining : A blog competition “Kontes Ngeblog VOA
Held by : VOA Indonesia
Status : Didn’t win

[DISCLAIMER!]

Gambar dari sini: http://iniwanita.com/blog/read/work-lifestyle/210-pilih-makanan-dan-olahraga-sesuai-golongan-darah

Makanan. Bisa dibilang makanan adalah sumber kehidupan, alias kebutuhan pokok manusia, bahkan makhluk hidup. Tidak ada yang dapat bertahan hidup tanpa makanan, betul? Tentu yang saya maksud dengan “makanan” adalah makanan dan minuman. Tetapi, bagaimana jika kebutuhan pokok kita ini malah menimbulkan banyak penyakit? Dewasa ini, ada banyak penyakit-penyakit aneh yang timbul disebabkan oleh makanan dan minuman yang kita konsumsi. Berbagai jenis kanker, obesitas, dan penyakit lainnya yang mengancam kehidupan manusia. Maka dari itu, dewasa ini, kita harus lebih memerhatikan makanan dan minuman yang kita konsumsi. Misalnya, dengan mengonsumsi makanan sehat, dan mengurangi konsumsi makanan tidak sehat, contohnya junk food.

Gambar dari sini: http://kristinandcory.com/cheat_meals_days_1.html

Semua kalangan di berbagai wilayah telah mengupayakan hal ini. Mereka mencoba hidup sehat dan menjauhi junk food. Contohnya dapat dilihat pada para warga Amerika Serikat yang melakukan perang melawan minuman bersoda. Kita dapat menyimak liputan beritanya di website resmi VOA yang berjudul: “Perang Melawan Minuman Bersoda di AS – Laporan VOA” (12/6). Industri minuman bersoda merupakan industri besar di Amerika Serikat. Namun, dikatakan bahwa kini industri tersebut menuai banyak kecaman karena dianggap mempunyai kadar gula yang tinggi dan penyebab obesitas. Mereka menyadarinya dan mulai mengurangi serta menghentikan konsumsi minuman bersoda tersebut.

Gambar dari sini: http://allwomenstalk.com/7-alternatives-to-water-at-the-gym/2

Mungkin bagi mereka yang telah ‘kecanduan’ dengan minuman tersebut akan sulit untuk melepasnya, tetapi jika mereka berusaha dengan keras, pasti bisa, saya yakin itu. Ibu saya dulu juga penggemar minuman bersoda. Saya mengetahuinya dan berusaha untuk memberitahunya bahwa itu adalah kebiasaan yang buruk. Kadar gula di minuman bersoda tinggi dan dapat menyebabkan diabetes bahkan obesitas. Lalu sejak itu, ibu saya mulai mengurangi kebiasaannya itu, dan syukurlah sekarang beliau telah berhenti total.

Dalam liputan berita VOA yang berjudul: “Disney Tolak Iklan Junk Food – Liputan Berita VOA” (10/6), dikatakan bahwa Ibu Negara Amerika, Michelle Obama, juga melaksanakan sebuah program untuk melawan obesitas di kalangan anak-anak Amerika. Program ini mendapat dukungan dari perusahaan yang akrab dengan anak-anak, yakni Walt Disney Company. Perusahaan ini berjanji untuk tidak menerima iklan dari produk yang dapat merusak kesehatan anak-anak seperti permen, cereal bergula dan makanan ringan yang terlalu asin.

Gambar dari sini: http://tvmulticast.blogspot.com/2009_04_01_archive.html

Itu adalah salah satu upaya yang baik, karena kebiasaan hidup sehat dan jauh dari junk food lebih baik jika dimulai dari dini. Anak-anak zaman sekarang telah mengenal junk food dengan baik, dan karena rasanya yang sangat enak itu mereka tidak mau makan yang lain selain junk food. Mereka bahkan membenci sayuran. Kebanyakan dari mereka sering melihat iklan-iklan junk food yang menggiurkan dari televisi, jadi jika iklan-iklan tersebut berhenti ditayangkan, lalu diganti dengan iklan-iklan yang mengajak untuk hidup sehat, itu akan mengubah pola pikir anak-anak. Kita tahu sendiri terkadang anak-anak mudah dipengaruhi cara pikirnya. Dengan ditayangkannya iklan-iklan hidup sehat yang dibuat secara menarik, lama-lama anak-anak akan tertarik untuk hidup sehat.

Dalam salah satu artikel VOA di website resminya yang berjudul: “Walikota New York Usulkan Larangan Jual Soda Ukuran Besar” (6/6), dikatakan bahwa wali kota New York, Michael Bloomberg, telah berkampanye tanpa kenal lelah melawan obesitas, melarang lemak yang disebut trans-fat di restoran dan memaksa rantai restoran untuk menambahkan informasi jumlah kalori di dalam menu-menu mereka. Ia juga mengusulkan untuk melarang penjualan minuman soda dalam gelas plastik ukuran besar untuk mencegah obesitas.

Gambar dari sini: http://www.minnpost.com/second-opinion/2012/09/trio-new-studies-strengthen-link-between-sugary-drinks-and-obesity (tapi coretannya kuedit sendiri)

Memang ada banyak pihak yang tidak setuju, tetapi, harus kita sadari bahwa itu semua untuk kebaikan kita sendiri. Dapat kita lihat, bukti-bukti yang saya cantumkan berasal dari Amerika semua, ya karena memang negara itu yang paling tinggi tingkat obesitasnya. Tetapi, kita bangsa Indonesia juga harus meneladani upaya mereka, karena jika tidak, kita juga dapat tertimpa bencana yang sama. Hidup sehat itu tidak sulit jika kita mau memulai membiasakannya. Mungkin tidak bisa langsung jadi, tetapi setahap demi setahap, pasti bisa. Semuanya harus bermula dari diri kita sendiri. Jika kita punya niat, pasti berhasil.

Gambar dari sini: http://elmseld.se/2012/10/14/stupid-candy/

Mungkin junk food rasanya enak, sedangkan sayuran terasa hambar. Tetapi kita bisa mengubah itu. Kita bisa memasak sayuran menjadi lebih lezat. Mungkin saat kita sedang bersantai, enaknya ngemil junk food. Kita juga bisa ubah itu, dengan ngemil buah-buahan. Kenalilah setiap jenis buah-buahan. Buah-buahan itu tidak kalah enak kok dengan biskuit, permen, dan kawan-kawannya. Buah-buah jauh lebih sehat lagi. Maka dari itu, mari kita ubah kebiasaan kita yang buruk dengan memulai hidup sehat. Hidup sehat tanpa junk food!

Gambar dari sini: http://richardfloyd.wix.com/karenfloyddesigns#!logos

Where did I come from?

Posted: June 28, 2012 in Articles
Tags:

Joining : A blog competition “Mama Cake Blog Competition
Held by : Mama Cake
Status : Didn’t win

[DISCLAIMER!]

Gambar dari sini: http://www.amazon.co.uk/Where-Did-Come-From-Illustrations/dp/071811275X

Kebanyakan manusia selalu merasa penasaran mengenai proses penciptaannya, alias bagaimana mereka bisa hidup. Mungkin sudah jelas bahwa kita semua lahir dari rahim ibu kita setelah melalui proses biologis. Tetapi proses itu merupakan siklus tanpa henti, dan kita yakin ada ujungnya, pasti ada sumbernya yang memulai dan itulah yang masih terus menjadi perdebatan di antara kalangan manusia. Karena itulah, manusia terus meneliti untuk mencari jawabannya dan muncullah berbagai teori mengenai hal itu.

Di antara berbagai teori yang ada, teori yang paling terkenal adalah kisah penciptaan yang diajarkan oleh agama-agama, yaitu Allah menciptakan manusia dari debu dan tanah, membentuk manusia sesuai gambaranNya, lalu menghembuskan nafas kehidupan pada manusia sehingga manusia hidup. Teori itu sering disebut Teori Nabi Adam, yaitu manusia pertama yang diciptakan Allah. Ada juga Teori Evolusi Darwin yang berbunyi: “Spesies yang hidup sekarang berasal dari spesies yang hidup sebelumnya dan evolusi terjadi melalui seleksi alam.”

Gambar dari sini: http://listas.20minutos.es/lista/v-ery-i-mportant-p-eople-10756/

Selalu terjadi perdebatan antara teori-teori yang ada, dan sampai sekarang masih belum ditemukan mana yang benar. Menurut saya, darimana kita berasal tidaklah penting, yang terpenting adalah kita harus mensyukuri hidup yang kita miliki dan jalani saja dengan baik. Tetapi, bila saya disuruh memilih teori mana yang saya percayai, saya percaya pada Teori Nabi Adam karena saya percaya semua ini dipegang kendali oleh Kuasa yang Maha Dahsyat, yaitu Tuhan Allah kita.

Banyak yang tidak percaya akan adanya Tuhan, mereka menganggapNya tidak ada karena Ia tidak terlihat. Dan kisah penciptaan alias Teori Nabi Adam tidak masuk di akal bagi mereka. Memang tidak masuk di akal, bagaimana manusia dapat terbentuk dari debu dan tanah, lalu dengan sekali hembus, kita dapat bernafas, memiliki tubuh dengan segala organ yang berfungsi, dan sebagainya.

Tetapi, Teori Evolusi Darwin juga tidak logis bagi saya. Bagaimana kita dapat mengetahui adanya evolusi, sedangkan kita sendiri belum pernah mengalaminya? Dan jika benar spesies yang sekarang berasal dari spesies sebelumnya, jelas itu merupakan suatu siklus yang membentuk lingkaran tanpa ujung, tetapi saya yakin pasti ada ujungnya, bagaimana pun caranya. Mungkin ia telah melakukan berbagai penelitian yang saya sendiri tidak memahaminya, tetapi tetap saja, dari semua teori yang ada, belum ada yang dapat memuaskan keingintahuan manusia. Betul, begitu? Itulah sifat dasar manusia, selalu ingin tahu. Dan secara tidak sadar, keingintahuan itu dapat menghancurkan kita.

Gambar dari sini: http://www.seemoredifferently.blogspot.com/

Tuhan memang tidak terlihat, tetapi bagi orang yang mengimaniNya, Ia tetap ada dan selalu hadir dalam kehidupan kita. Saya juga merasakan hal yang sama. Jika dipikir-pikir, memang sulit untuk dimengerti. Sulit untuk memercayai apa yang tidak dapat kita lihat. Tapi, jika kita memiliki iman, kita dapat merasakan kehadiranNya. Saya sering merasakanNya, dan saya percaya Ia turut bekerja dalam segala hal. Maka dari itu, saya percaya pada Teori Nabi Adam, alias kisah penciptaan yang tertulis di Alkitab. Saya tidak mengatakan bahwa itulah yang paling benar, tetapi saya hanya mengemukakan apa yang saya percayai.

Gambar dari sini: http://seekyt.com/user/AFuller/

Memang kisah penciptaan itu tidak masuk di akal, tapi di dunia ini, memang banyak hal yang tidak masuk di akal dan tidak dapat kita mengerti. Menurut saya, itu adalah rahasia ilahi yang memang tidak perlu kita ketahui. Saya yakin kita akan mengetahui apa yang perlu kita ketahui, dan cukup terima saja apa yang perlu kita ketahui itu, tidak perlu mencari tahu hal-hal lain. Otak Tuhan memang sangat besar, otak manusia tidak akan sanggup mencapainya. Jadi, cobalah mengerti keadaan itu dan terima saja. Semua ada waktunya. Saya yakin, suatu saat rahasia-rahasia itu akan dibukakan pada kita bila memang rahasia itu perlu kita ketahui.

Check out Mama Cake The Movie Trailer !

Joining : A blog competition “Lomba Blog XL Memajukan Negeri
Held by : XL Axiata
Status : Didn’t win

[DISCLAIMER!]

Gambar dari sini: http://www.mobile88.co.id/news/read.asp?file=/2010/6/10/20100609224024&phone=XL_Axiata-XL-_Axiata

“Kamu gak sayang pulsa, ya? Sms ke banyak orang gitu, emang pulsanya gak habis?” tanya seorang temanku. Saya memang sering mengirimkan sms berupa informasi yang saya dapat mengenai tugas di sekolah, dll kepada teman-teman sekelas saya. “Gak dong, kan pake XL, dapat bonus 1000 sms.” jawabku santai.

Saya telah menggunakan XL sekitar 1 tahun. Teman-teman saya kebanyakan menggunakan SIM card lain dan mengajak saya menggunakan SIM card tersebut. Tetapi, saya lebih senang menggunakan XL karena tarifnya yang murah, jaringannya yang luas dan bagus, dan layanan-layanan dan paket-paketnya yang menarik. Selain itu, saya juga tertarik dengan program XL yaitu XL Memajukan Negeri.

Gambar dari sini: http://indonesiaku.lintas.me/article/eswtrans.blogspot.com/persembahan-xl-memajukan-negeri-indonesia

Ada banyak operator di Indonesia, semua berlomba-lomba untuk menarik pelanggan sebanyak-banyaknya. Semua operator tentunya ingin mencari untung besar-besaran. Tetapi, saya bangga dengan XL, karena selain mencari keuntungan, XL juga memberikan kemajuan bagi negeri ini.

XL yang dikomando oleh PT XL Axiata Tbk ini lahir pada tanggal 8 Oktober 1996. Selama 16 tahun ini, XL telah memberikan banyak jasa pada negeri ini sebagai bukti nyata kesetiaannya dalam menjalankan komitmennya, yaitu XL Memajukan Negeri. Berikut jasa-jasa XL dalam memajukan negeri:

1. Membantu korban bencana alam

XL SMS Donation

XL adalah donator yang baik dalam membantu teman-teman kita yang tertimpa bencana alam. Korban bencana yang telah dibantu oleh XL, yaitu:

  • Korban gempa di Tasikmalaya, Cianjur, Pangalengan, Pangandaran, dan Garut telah dibantu oleh XL melalui program CSR XL Peduli Jabar pada bulan September 2009.
  • Korban gempa Sumatera Barat yang telah dibantu XL melaui program XL Peduli Sumatera Barat pada bulan Oktober 2009. XL membuka beberapa posko bantuan (TUG/Telepon Umum Gratis, bantuan logistik, dll) bagi para korban bencana.
  • SD Negeri 27 Padang yang hancur karena gempa besar yang melanda Padang dan Sumatera dibantu oleh XL yang bekerja sama dengan Pundi Amal SCTV pada bulan Februari 2010. XL membangun kembali gedung sekolah dasar tersebut. Menteri Komunikasi dan Informatika – Tifatul Sembiring, bersama Presiden Direktur XL – Hasnul Suhaimi, serta Direktur Utama SCTV Fofo Sariatmadja, meresmikan pembangunan sekolah tersebut secara simbolis.
  • Korban tanah longsor di Ciwidey, Kabupaten Bandung telah dibantu oleh XL pada bulan Februari 2010. Bantuan yang disalurkan berupa Telepon Umum Gratis (TUG), bahan makanan, serta kartu perdana XL.
  • Korban banjir di Wasior, Papua, letusan gunung Merapi dan tsunami Mentawai telah dibantu oleh XL pada bulan Oktober 2010 dengan membuka program SMS Donasi untuk menggalang dana bantuan dari para pelanggan yang selanjutnya diteruskan sebagai donasi bagi korban Wasior, Merapi dan Mentawai.
  • Korban letusan Gunung Merapi telah mendapat bantuan dari XL yang bekerja sama dengan Pundi Amal SCTV pada bulan Desember 2010. XL dan Pundi Amal SCTV menggalang kerja bakti pemulihan Kali Code, Yogyakarta yang mengalami pendangkalan akibat banjir lahar dingin pasca letusan Gunung Merapi.

2. Memberikan penghargaan kepada masyarakat

Gambar dari sini: http://www.xl.co.id/corporate/id/ruang-media/nasional/finalis-indonesia-berprestasi-award-2011

XL meluncurkan program “Indonesia Berprestasi Awards” (IBA). XL mencari warga negara Indonesia berprestasi yang pengabdian dan daya usahanya telah memberikan solusi dan manfaat serta dorongan positif bagi perbaikan kualitas hidup masyarakat luas.

 2. Mendukung berbagai kegiatan, seperti:

  • Pada tanggal 27 Februari 2008, XL bersama tim basket ASPAC mendukung olahraga sebagai gaya hidup. Nama ASPAC berganti menjadi XL ASPAC.
  • Pada tanggal 23 Juli 2010, XL melanjutkan komitmennya dalam mendukung pemerataan kualitas pendidikan nasional, XL meluncurkan Komputer untuk Sekolah (KUS) 2010. Peluncuran dilakukan oleh Menteri Pendidikan Nasional Muhammad Nuh dan Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi di Jakarta.
  • Pada tanggal 22 September 2010, dalam kerangka persembahan XL Bagi Negeri, XL mendukung penuh program ‘Aku Cinta Indonesia’ (ACI) yang diinisiasi oleh detik.com sebagai salah satu wujud implementasi program tanggung jawab sosial perusahaan.
  • Pada tanggal 28 Oktober 2010, dalam kerangka persembahan XL Bagi Negeri, XL menyelenggarakan program bertajuk ”Soempah Pemoeda 2.0” : Semangat Satu Negeri di Era Digital.
  • XL mendukung dan menyukseskan ASEAN Para Games 2011, pesta olahraga bagi penyandang cacat fisik yang digelar di Solo, Jawa Tengah, pada tanggal 12 – 22 Desember 2011. XL bekerja sama dengan Pemerintah Kota Solo, turut menyukseskan ajang internasional ini melalui penyediaan layanan internet  dan wi-fi gratis yang dapat diakses di area mobile media center selama berlangsungnya ASEAN Para Games 2011.

4. Pada tanggal 31 Januari 2008, XL memberikan peralatan telekomunikasi kepada 14 universitas di Indonesia dan memfasilitasi training untuk mahasiswa dan dosen.

5. Pada bulan Juni 2008, XL bekerja sama dengan e-Store dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Jakarta dalam penyediaan program bundling hardware dan koneksi internet untuk lembaga-lembaga pendidikan.

6. Pada bulan September 2008, XL bekerja sama dengan PT Garuda Indonesia (Persero) dalam hal solusi untuk kebutuhan TI korporat.

7. Pada bulan September 2008, XL bersama Research in Motion (RIM) meluncurkan BlackBerry Bold, smartphone canggih dari RIM.

Gambar dari sini: http://www.jagatreview.com/2011/09/pr-xl-serahkan-blackberry-bold-9900-smartphone-ke-pelanggan/

8. Pada tanggal 21 Januari 2010, sebagai komitmen XL untuk mendukung pemerintah dalam mendorong penggunaan internet secara sehat dan positif, XL dan ICT Watch meluncurkan program ‘Internet Sehat Blog Award 2010’.

9. Pada tanggal 11 Juni 2010, XL bersama dengan Yayasan Khazanah (di bawah Axiata Group Berhad) memberikan program beasiswa bagi warga negara Indonesia untuk menempuh pendidikan S1 dan S2 di berbagai universitas terkemuka di Malaysia.

10. Pada tanggal 15 Juni 2010, XL dan ICT Watch mensosialisasikan ‘Internet Sehat’ di ajang Communic Asia 2010 sekaligus meluncurkan buku panduan memanfaatkan internet secara sehat dan positif.

11. Pada bulan Desember 2010, XL meluncurkan layanan ‘XL Cuaps’, sebuah inovasi layanan selebriti Voice Blog pertama di Indonesia.

Gambar dari sini: http://forumponsel.com/topic/xl-cuaps

12. Pada tanggal 20 Desember 2010, guna mempelajari lebih dalam mengenai LTE, XL bersama PT Ericsson Indonesia melakukan uji coba di Jakarta. Uji coba ini dilakukan melalui siaran langsung pertama di Indonesia bersama SCTV dengan menggunakan teknologi LTE.

13. Pada bulan Maret 2010, XL mengoperasikan sekitar 12.000 BTS inovatif yang ramah lingkungan dan hemat energi.

14. Pada tanggal 11 April 2012, XL meresmikan BTS ke 30 ribunya di Yogyakarta. Jumlah BTS yang sebanyak itu membuktikan keseriusan XL dalam membangun infrastruktur jaringan telekomunikasi seluler yang berkualitas di seluruh provinsi di Indonesia, sekaligus memenuhi harapan pemerintah dalam membangun jaringan telekomunikasi guna mendorong pemerataan pembangunan di pelosok daerah.

Gambar dari sini: http://robmok.wordpress.com/page/9/

15. XL meluncurkan program ‘XL Edusolutions’, yaitu sebuah solusi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) berupa XL Sifoster dan free Wi-Fi di sekolah dan perguruan tinggi yang telah menjadi partner XL dan bergabung dalam program XL School & Campus Community. Program ini dilaksanakan demi membina dan berpartisipasi dalam pengembangan dunia pendidikan Indonesia.

16. XL mendukung Taman Pintar di Yogyakarta sebagai wahana pengetahuan sejak pertama kali didirikan pada tahun 2006. XL mendonasikan sejumlah teknologi mutakhir pada Taman Pintar tersebut.

Taman Pintar Yogyakarta

Gambar dari sini: http://rentalmobilyogyakarta.net/taman-pintar-yogyakarta/

Banyak, kan? XL memang benar-benar berjasa dalam memajukan negeri ini. Dan tentunya jasa-jasanya akan terus bertambah dari tahun ke tahun. Saya sangat mendukung #XL Memajukan Negeri!

Lomba Blog XL

Gambar dari sini: http://www.penulislepas.com/lomba-blog-xl-memajukan-negeri.

Joining : An article writing competition “Lomba Nulis Artikel DUID
Held by : DUID
Status : Haven’t been announced

[DISCLAIMER!]

Gambar dari sini: http://firstwinner.wordpress.com/tag/lalu-alfian-rifai/

Bisnis bukan lagi kata yang asing di telinga kita semua. Bisnis telah merajalela di dunia ini. Hampir semua orang ingin berbisnis dan mendapatkan uang. Anak kecil pun mengenal apa bisnis itu. Bisnis bukanlah hal yang sulit, kita hanya memerlukan modal. Bisnis di zaman modern ini telah dipermudah dengan adanya teknologi. Contohnya adanya bisnis online, dll. Bisnis yang paling menguntungkan dewasa ini adalah B2B Marketplace. Apa itu?

B2B adalah singkatan dari business to business. B2B Marketplace adalah tempat terjadinya transaksi dagang, yang biasanya terjadi antara produsen dengan pedagang grosir atau pedagang grosir dengan pengecer.

Mengapa memilih B2B Marketplace? Apa keuntungannya?

Banyak, bro. Beberapa keuntungannya adalah:

1. Dengan B2B Marketplace, para penjual dapat menjangkau ribuan konsumen yang tergabung di B2B Marketplace tersebut. Dengan begitu, bisnisnya akan meningkat drastis dan mendapat banyak pelanggan baru. Tidak sulit bagi perusahaan tersebut untuk mengembangkan bisnisnya.

2. Para pembeli memiliki banyak pilihan dan dapat membandingkannya satu sama lain.

3. Penjual dengan pembeli dapat berkomunikasi satu sama lain dengan lebih mudah, proses transaksi pun dapat berjalan dengan praktis.

4. Karena pembeli di B2B Marketplace adalah pedagang grosir, otomatis barang yang dibeli adalah dalam jumlah besar.

5. B2B Marketplace adalah bisnis online, hampir semua proses transaksi dapat dilakukan melalui internet. Hal itu memudahkan para penjual dan pembeli karena dapat menghemat waktu, tenaga, dan biaya. Bisa dibilang transaksi melalui B2B Marketplace lebih efisien.

6. B2B Marketplace memiliki berbagai fasilitas untuk proses penjualan, seperti pembayaran, negosiasi, pencarian transportasi, kutipan, dll. Dengan begitu, lebih memudahkan proses transaksi.

Jadi, tunggu apa lagi? Pasti mau kan kalau bisnis Anda berkembang pesat? Ayo gabung sama B2B Marketplace!

Gambar dari sini: http://suite101.com/a/differences-in-buyer-motivation-for-marketing-a90332

Bingung mau mulai darimana? Ngapain bingung? Kan ada DUID.

DUID? Apa itu?

Wah, belum pernah dengar, kah? Kalau begitu, SELAMAT! Anda adalah orang yang beruntung karena telah memilih untuk membaca artikel ini.

DUID adalah komunitas pebisnis se-Indonesia yang menggunakan transaksi secara B2B MarketplaceDUID itu B2B Marketplace yang terbaik loh di Indonesia! Jadi, ayo segera bergabung!

Masih ragu? Tidak perlu ragu segala. Dijamin deh bisnis Anda akan berkembang PESAT bersama DUID. Untungnya BUANYAK. Seperti:

1. Proses registrasinya GRATIS! Tidak dipungut biaya apapun. Enak, kan? Memulai secara gratis rasanya lebih puas. Selain murah, proses registrasinya pun mudah. Mudah + Murah = 2 in 1. Mantap!

2. Jika Anda sudah terdaftar, Anda bisa:

Untuk pembeli, Anda bisa:

– Mencari produk atau supplier yang Anda butuhkan.

– Membuat order untuk produk yang akan Anda beli.

– Jika produk yang ingin Anda beli belum ada, Anda dapat membuat permintaan pembelian kepada supplier.

Untuk penjual, Anda bisa:

– Menampilkan produk yang Anda jual. Jadi, Anda tidak perlu menghabiskan uang Anda untuk biaya promosi.

– Melihat permintaan pembelian dari pembeli.

– Mengirimkan penawaran langsung kepada pembeli.

– Melihat Wishlist (daftar permintaan) pembeli.

– Melihat kata kunci yang paling sering digunakan, sehingga Anda dapat mengetahui produk apa yang digemari oleh pembeli.

3. Membership melalui proses registrasi yang gratis merupakan Free Membership. Ada juga Premium Membership. Pada membership ini, Anda harus membayar biaya keanggotaan per tahun. Keuntungannya:

– Produk yang Anda jual akan ditampilkan di urutan teratas pada list hasil pencarian.

– Alamat link profil Anda akan ditampilkan menggunakan nama perusahaan.

– Halaman profil Anda akan ditampikan menggunakan Premium Design (jelas terlihat lebih menarik.

– Anda dapat melihat produk yang paling banyak dibeli oleh member-member di DUID.

2. DUID menjamin Secure Buyer and Supplier (Audit). Jadi, semua proses transaksi yang dilakukan aman dan terpercaya. Tidak perlu takut dan khawatir mengenai keamanan. Karena DUID sudah melakukan proses audit, jadi tenang aja!

3. Terdapat fitur Online Push Marketing (Tagging) alias jalur distribusi untuk melakukan penjualan produk ke outlet-outlet penjualan dapat dilakukan secara online.

4. Iklan 24 jam nonstop yang dapat diakses oleh pengguna internet di seluruh dunia. Anda tidak perlu repot-repot mempromosikan bisnis Anda. DUID akan melakukan pekerjaan itu dengan SANGAT BAIK.

5. Penjualan Anda jelas akan meningkat drastis, tidak perlu repot-repot menambah ini dan itu.

6. Anda dapat mengaksed data pasar teraktual melalui DUID, tidak perlu repot-repot mencari kesana-sini.

7. DUID adalah yang terbaik dan seo friendly, jadi DUID tentunya dapat ditemukan di search engine.

8. Kumpulkan poin sebanyak-banyaknya dan tukarkan dengan kupon undian untuk memperoleh Blackberry Torch! Ya, selain semua keuntungan di atas, Anda dapat memenangkan BB Torch dengan mengumpulkan point, caranya:

1

Menjadi member DUID

10 point per bulan

2

Melakukan upgrade ke Premium Member

50 point

3

Merekomendasi teman untuk menjadi member DUID

50 point

4

Mereferensikan produk kepada teman

5 point

5

Memposting artikel

5 point

6

Mengisi suggestion box

5 point

7

Menulis review produk

3 point

8

Mengklik “Like” produk

3 point

9

Memberikan komentar

1 point

10

Memasukkan listing produk baru

1 point

atau dengan cara mengikuti undian:

– Cek banyaknya poin yang sudah diperoleh.

– Tukarkan poin dengan kupon undian. (100 point = 1 kupon undian).

– Nomor kupon akan diundi untuk memperoleh hadiah Blackberry Torch.

– Pemenang akan diumumkan di website DUID setiap tanggal 1 awal bulan.

Menarik, bukan? Jadi, buruan gabung! Tinggal visit DUID dan registrasi.

Tidak lupa, DUID juga mempunyai Terms of Use. Dibaca ya sebelum bergabung (:

Jangan takut bingung, semua tata cara mulai dari mendaftarmengedit profil  dll, membelimencari produkmembuat ordermeminta permintaan pembelianmengontak suppliermenjualmendaftarkan produk dan mengedit datanyamelihat produk yang dicari pembelimengontak pembeli, dll akan dijelaskan di DUID.

Jadi, ayo bergabung! 😀

Info lebih lanjut: www.duid.co.id

NGONOO oh NGONOO

Posted: April 28, 2012 in Articles
Tags:

Joining : A blog competition “Review Blog Contest Ngono
Held by : NGONOO
Status : Didn’t win

[DISCLAIMER!]

Dewasa ini, teknologi telah merajalela dan memegang peran penting dalam kehidupan manusia. Teknologi terus berkembang pesat. Untuk bertahan hidup, kita harus mengikuti perkembangan itu. Tetapi, bagaimana jika kita tidak mengerti dan kebingungan dalam penggunaan teknologi-teknologi tersebut?

Tenang, tenang. Kan ada NGONOO! 😀

NGONOO? Apaan tuh?

Belum pernah dengar, ya? Wah, kalau begitu Anda beruntung karena telah memilih artikel ini untuk dibaca.

NGONOO adalah website yang menyediakan berbagai informasi dalam berbagai bidang, terutama mengenai social media dan tips trik online yang memudahkan kehidupan manusia. NGONOO merupakan salah satu media yang sangat baik bagi para pemula pengguna teknologi yang ingin belajar mengunakan teknologi. NGONOO menyediakan artikel-artikel yang memudahkan para pemula tersebut. Artikel-artikel yang berisi langkah-langkah pengunaan suatu teknologi, misalnya. Tetapi bukan hanya itu saja, NGONOO juga menyediakan tips dan trik yang menyentuh seluruh aspek kehidupan kita.

Melalui NGONOO, kita dapat mengetahui banyak hal. Belajar menjadi lebih mudah bersama NGONOO. Beberapa hal yang dibahas di NGONOO adalah mengenai social media, teknologi, hiburan, blogging, tips dan trik, foto dan video, berita, dan berbagai hal lainnya (umum). NGONOO biasa disebut situs antigaptek. Itu betul sekali. Bila Anda memiliki kesulitan dalam hal teknologi, dapatkan jawabannya di NGONOO.

Motto sederhana NGONOO adalah “Belajar tidak pernah semudah ini.” Sungguh motto yang baik, memperlihatkan bahwa tujuan utama NGONOO adalah untuk memudahkan masyarakat dalam belajar segala sesuatu. Kelebihan NGONOO dibanding yang lain adalah:

1.  NGONOO menyediakan informasi-informasi yang mudah dijangkau oleh semua orang.

2. NGONOO memberikan kemudahan bagi para pemula pengguna internet dengan artikel-artikelnya.

3. Artikel-artikel yang disediakan NGONOO lebih mudah dipahami, bahasanya komunikatif, sehingga dapat dibaca semua kalangan.

4. Tampilan NGONOO yang sederhana memudahkan para pemula dalam menggunakannya.

5. NGONOO juga menyediakan fasilitas search engine yang memudahkan kita untuk mencari artikel yang kita butuhkan.

6. Kita juga dapat mengontak admin NGONOO.

7. Kita dapat bergabung dengan NGONOO dan ikut menulis artikel yang dapat membantu orang lain.

8. Kita dapat mendapat banyak teman jika kita bergabung menjadi anggota NGONOO dan dapat saling berbagi informasi.

9. Jika kita mengalami kesulitan, kita tahu kepada siapa kita bertanya. (Supaya lebih jelas, kepada NGONOO dong :D)

10. Belajar akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan bersama NGONOO.

11. Tidak ada lagi kata GAPTEK, NDESO, JADUL, dll dalam hidup kita.

Jadi, tunggu apa lagi? Ada kesulitan dalam penggunaan teknologi? Langsung aja visit ngonoo.com. Jangan ragu, saya jamin Anda akan segera mendapatkan jawaban dari persoalan Anda. Thanks to NGONOO! 😀

Anda juga dapat menfollow twitter NGONOO dan like page facebook NGONOO. Learning and life are the same thing. Both are easier with NGONOO 😀

Gambar dari sini: http://amethystaiko.com/category/contest/page/2

Ayo Berwisata ke SumSel

Posted: April 28, 2012 in Articles
Tags:

Joining : A blog competition “Kompetisi Blog Pesona Sumatera Selatan
Held by : Wongkito
Status : Didn’t win

[DISCLAIMER!]

Sudah waktunya liburan panjang, tetapi masih bingung mau liburan kemana? Bagaimana kalau mengunjungi salah satu provinsi di Indonesia yang sangat indah dan menawan, yaitu Sumatra Selatan?

Gambar dari sini: http://asiamaya.com/peta/sumatera.htm (edited by me)

Mengapa Sumatra Selatan? Sumatra Selatan penuh dengan berbagai macam objek wisata yang memesona dan indah dipandang mata. Dengan berjalan-jalan mengitari objek wisata di Sumatra Selatan yang asri, stress dan segala tekanan yang Anda alami akan sirna.

Ada banyak tempat wisata yang sangat menakjubkan untuk dikunjungi. Berikut daftar tempat wisata indah yang dapat Anda kunjungi ketika berlibur ke Sumatera Selatan:

1. Danau Ranau

Danau Ranau

Gambar dari sini: http://tahannigan.blogspot.com.au/2012/10/sumatras-forgotten-lake.html

Danau terbesar kedua di Pulau Sumatra ini terletak di perbatasan Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Provinsi Sumatra Selatan. Danau ini terbentuk dari gempa besar dan letusan vulkanik dari gunung berapi yang membuat cekungan besar. Secara geografis, topografi Danau Ranau adalah perbukitan yang berlembah, sehingga cuaca di sekitar danau tersebut sangat sejuk. Cuaca yang sejuk jelas dapat merilekskan pikiran kita. Belum lagi, pemandangannya yang sangat indah dengan Gunung Seminung sebagai backgroundnya dan bukit dan lembah yang indah di sekelilingnya.

Air danau ini sangatlah jernih. Danau ini terkenal dengan beragam ikan seperti ikan mujair, kepor, kepiat, dan harongan. Tepat di tengah danau tersebut, terdapat sebuah pulau nan indah, bernama Pulau Marisa. Disana terdapat sumber air panas dan juga Air Terjun Subik yang sangat indah. Bagi Anda yang menyukai buah durian, pada saat musimnya, buah durian dijual sangat murah oleh warga sekitar. Disana juga tersedia berbagai tempat penginapan bagi Anda yang ingin bermalam di sekitar lokasi.

Gambar dari sini: http://www.griyawisata.com/artikel.php?sec=6&cat=46&postid=28416

Wah, seperti paket 4 in 1, berlibur ke Danau Ranau, sekalian berkunjung ke Pulau Marisa dan sumber air panas serta air terjunnya. Mantap! Selain itu, danau ini letaknya tidak jauh dari berbagai kota di Sumatra Selatan. Danau Ranau berjarak sekitar 342 kilometer dari Kota Palembang, 130 kilometer dari Kota Baturaja, dan 50 kilometer dari Muara Dua, Ibukota Oku Selatan. Perjalanan ini bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi. Jalan antar lokasi telah dilapisi aspal, sehingga perjalanan pun akan terasa lebih nyaman.

Danau ini menjadi objek wisata andalan dari Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, terutama pada musim liburan tiba dan Hari Raya Idul Fitri. Pada tahun 2007 yang lalu, danau ini telah diresmikan oleh Bupati Lampung Barat sebagai pusat wisata baru di wilayah Lombok, Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat. Danau Ranau memiliki daya tarik ekowisata untuk memajukan industri pariwisata Indonesia dalam konsep ekologi, ekonomi, sosial dan juga budaya.

2. Sungai Musi

Sungai terpanjang di Pulau Sumatra ini membelah Kota Palembang menjadi dua bagian kawasan, yaitu Seberang Ilir di bagian utara dan Seberang Ulu di bagian selatan. Sungai Musi, bersama dengan sungai lainnya, membentuk sebuah delta di dekat Kota Sungsang. Mata airnya bersumber di daerah Kepahiang, Bengkulu. Sungai Musi disebut juga “Batanghari Sembilan”, yang berarti “sembilan sungai besar”. Yang dimaksud dari “sembilan sungai besar” tersebut adalah Sungai Musi beserta delapan sungai besar lainnya yang bermuara di Sungai Musi. Adapun delapan sungai tersebut adalah:

  1. Sungai Komering
  2. Sungai Rawas
  3. Sungai Leko
  4. Sungai Lakitan
  5. Sungai Kelingi
  6. Sungai Lematang
  7. Sungai Semangus
  8. Sungai Ogan

Sejak zaman Kerajaan Sriwijaya hingga sekarang, sungai ini terkenal sebagai sarana transportasi utama bagi masyarakat sekitar.

Gambar dari sini: http://tripholiday.net/musi-river.html

3. Jembatan Ampera

Jembatan yang merupakan ikon Kota Palembang ini menghubungkan Seberang Ilir dan Seberang Ulu yang dipisahkan oleh Sungai Musi. Jembatan ini terletak di tengah-tengah Kota Palembang. Bagian tengah badan jembatan ini bisa diangkat ke atas agar tiang kapal yang lewat dibawahnya tidak tersangkut pada badan jembatan. Tetapi sejak tahun 1970, aktivitas menurunkan dan menaikkan bagian tengah jembatan ini sudah tidak dilakukan lagi karena dianggap mengganggu arus lalu lintas yang melalui jembatan tersebut. Jembatan ini dihiasi lampu-lampu yang akan menyala ketika malam hari, sehingga jembatan ini terlihat indah.

4. Gunung Dempo

Gambar dari sini: http://www.belantaraindonesia.org/2013/05/10-tips-mendaki-gunung-dempo.html

Gunung ini adalah gunung tertinggi pada Pegunungan Bukit Barisan. Gunung menjulang tegak menggapai langit nan biru apabila dilihat pada pagi hari. Sangatlah indah. Sebuah sungai kecil yang jernih mengalir di perbatasan hutan, menuntun Anda menuju hutan montana. Gunung Dempo memiliki dua puncak, salah satunya bernama Puncak Api. Menjelang puncak ini merupakan dataran masif yang ditumbuhi tanaman yang rendah mirip perdu. Terdapat lembah yang diapit oleh puncak pertama dan puncak utama. Di lembah ini terdapat sebuah sumber mata air mengalir di sini. Airnya jernih, tetapi rasanya sedikit kecut, mungkin karena pengaruh rembesan belerang. Puncak utama Gunung Dempo merupakan kawah gunung berapi yang masih bergejolak, membuat pemandangan dari puncak semakin menakjubkan. Selain kawah yang memberikan kesan khusus, tampak juga hamparan Provinsi Bengkulu, Lautan Hindia, dan hamparan lembah yang sunyi dan hening.

5. Danau Ulak Lia

Danau Ulak Lia

Gambar dari sini: http://travel.detik.com/read/2012/01/25/133700/1824501/1032/1/danau-ulak-lia

Kata “Ulak” berarti “pusaran air” dan “Lia” merupakan nama anak gadis yang meninggal di dalam pusaran danau dan tidak pernah ditemukan hingga sekarang. Konon akibat peristiwa ini, warga setempat memberikan nama danau ini Danau Ulak Lia. Keistimewaan danau ini  terdapat pada keunikan fisik perairan danau yang mempunyai bentuk menyerupai “tapal kuda”. Bentuk yang unik ini diperkirakan terjadi karena adanya proses sedimentasi dari aliran Sungai Musi pada masa lalu. Namun, keunikan bentuk perairan danau ini hanya dapat disaksikan pada waktu tertentu, tidak dapat disaksikan sepanjang tahun karena sangat tergantung dengan hidrologi di wilayah tersebut.  Beberapa pondok didirikan di sekitar danau, sehingga Anda dapat bersantai sambil menikmati pemandangan alam sekitar. Pada musim kemarau, danau ini masih bertahan dengan debit airnya yang jernih.

6. Bukit Serelo

Bukit Serelo

Gambar dari sini: http://www.way2east.com/destinations/Gunung-Patah

Bukit ini disebut juga Bukit Tunjuk, karena bentuk puncaknya yang mirip jari telunjuk yang mencuat ke langit. Di bawahnya terdapat sebuah kompleks untuk menjinakkan, melatih dan mendidik gajah. Anda dapat berfoto-foto dengan gajah-gajah tersebut. Di beberapa tempat di bawah bukit ini, terdapat beberapa tempat untuk berkemah atau berekreasi.Terdapat sebuah sungai kecil dengan air yang jernih dan belum tercemar disana. Ada beberapa sumber yang mengatakan bahwa di atas puncak anak Bukit Serelo, tepatnya di bagian timur, terdapat bebatuan yang membentuk lapaz Allah.

Lapaz Allah di Atas Bukit Serelo

7. Sungai Lematang

Sungai Lematang

Gambar dari sini: http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2012/12/23/sedikit-lebih-dekat-dengan-kabupaten-lahat-ii-518335.html

Sungai Lematang yang merupakan sungai terbesar di Kabupaten Lahat, merupakan objek wisata alami yang memantulkan keindahannya tersendiri. Sungai ini memiliki arus yang deras dengan batu-batu besar di berbagai tempat. Sungai ini, terutama di bagian hulu, setiap tahun menjadi ajang lomba rakit tradisional yang digelar setiap tanggal 7 Agustus. Anda dapat menyaksikan lomba ini tanpa dipungut biaya. Konon, dii sungai ini pernah ditemukan jenis perahu zaman dahulu yang disebut biduk.

8. Restoran Terapung Riverside

Restoran Terapung Riverside

Gambar dari sini: http://www.traveldudes.org/images/scenery-musi-river-banyuasin-indonesia/11812

Restoran ini WAJIB dikunjungi bila Anda berlibut ke Kota Palembang. Restoran ini terletak di tepi Sungai Musi. Restoran ini berupa kapal motor yang menjadi rumah makan prasmanan. Anda dapat meyatap makanan Anda sambil menikmati pemandangan di sekitarnya. Pemandangan terlihat lebih indah pada malam hari, ketika semua lampu di sekitar dinyalakan. Warna-warni dan kerlap-kerlip lampu menghiasi rumah makan tersebut. Sungguh indah. Restoran ini merupakan tempat kuliner khas Kota Palembang yang wajib dikunjungi. Terdapat sebuah dermaga kecil yang menyediakan fasilitas bagi para pengunjung untuk mengitari Sungai Musi. Menu khas dari restoran ini adalah Ekor Tenggiri Bakar. Rasanya sangat lezat. Ekor ikan tenggiri yang beratnya sekitar satu kilogram ini dihidangkan dengan bumbu khusus yang memukau.

9. Pulau Kemarau

Pulau Kemarau

Gambar dari sini: http://www.griyawisata.com/artikel.php?sec=6&cat=46&postid=26400

Dinamakan seperti itu karena pulau ini selalu kering, tidak pernah berair. Bahkan saat air pasang pun, pulau ini terlihat seperti pulau yang mengapung. Terdapat pagoda dan kuil-kuil yang menghiasi pulau ini. Pada saat perayaan Imlek, Anda dapat naik sampai lantai teratas pagoda itu dan menikmati pemandangan yang indah dari sana. Pagoda itu sering dijadikan tempat ibadah atau tempat acara lainnya.

10. Rumah Rakit

Rumah Rakit

Gambar dari sini: http://www.jalanjalanasik.com/news/128/nyobain-ayam-goreng-kfc-extra-crispy.html

Rumah ini merupakan rumah tradisional di Kota Palembang yang mengapung di air. Rumah ini terbuat dari bambu-bambu. Konon, rumah-rumah rakit ini dibangun di pinggir-pinggir Sungai Musi dan dihuni oleh warga keturunan Tionghoa. Jelas berbeda rasanya berada di rumah yang berfondasi di tanah dengan rumah yang berfondasi di air. Maka dari itu, Anda sangat direkomendasikan untuk berkunjung ke rumah rakit ini.

11. Arung Jeram Sungai Manna

Arung Jeram Sungai Manna

Gambar dari sini: http://jalan2.com/place_tags/pagar-alam/

Sungai yang terletak di sebelah tenggara Gunung Dempo ini sering menjadi sarana olahraga arung jeram. Keistimewaan bearung jeram di sungai ini adalah sungai ini memiliki tingkat kesulitan bervariasi. Awalnya keadaan sungai cukup lebar, lalu sepanjang 15 kilometer berikutnya jalur sungai menyempit dan arusnya semakin deras bergemuruh, sehingga cukup menantang bagi para penggemar olahraga arung jeram.

Jalur sungai berupa patahan dengan dinding batuan padas di pinggiran sungai, serta keadaan arus di ujungnya yang membentuk cekungan dan arus memutar, tonjolan batu membentuk aliran air, menimbulkan bunyi gemuruh, sangat menantang. Tetapi jangan khawatir, akan disediakan pemandu yang berpengalaman yang akan mendampingi Anda.

Keindahan alam berupa tebing-tebing di kiri dan kanan sungai menawarkan keindahan alam hutan hujan tropis yang sangat menawan. Tidak jauh dari tempat ini, ada bagian sungai yang membentuk pelataran sepanjang 50 meter dengan keadaan arus yang  tenang.

12. Tenun Songket

Kain Tenun Songket

Gambar dari sini: http://www.midesanews.com/berita-506-sejarah-kain-songket-dari-palembang.html

Kerajinan tradisional khas masyarakat Palembang ini telah terkenal di dalam maupun di luar negeri. Proses pembuatannya dilakukan dengan sangat cermat sehingga memakan waktu selam 3-6 bulan. Sangat menakjubkan. Belum lagi polanya yang berbeda-beda sesuai selera pengrajin. Tenun ini terbuat dari benang sutera, kombinasi benang emas yang ditenun dengan cita rasa seni yang tinggi, menghasilkan kain ataupun selendang yang mengagumkan. Pusat pengrajin Tenun Songket Palembang berada di Kawasan Industri Songket Kelurahan 30 – 32, Kecamatan Ilir Barat, Kota Palembang.

Proses Menenun Kain Tenun Songket

Gambar dari sini: http://www.exposure-magz.com/2010/09/22/entries-september-13-15/

Bagaimana? Menakjubkan, bukan? Masih ada banyak objek wisata lain yang menawan di Sumatera Selatan, tetapi saya hanya menyebutkan 12 objek wisata yang menarik dan unik di mata saya. Maka dari itu, ayo kita berlibur ke Sumatera Selatan. Dijamin, tidak akan menyesal. Visit South Sumatra 2012! 😀

Gambar dari: http://www.hinampang.info/tag/southeast-asian-games/

http://lenterakehidupanmasyuq.blogspot.com.au/2012/04/pesona-sumatera-selatan.html

widget-kompetisi-blog